Online 66 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Artikel SMK Soeparman, SMK tertua di Polewali Mandar.

SMK Soeparman, SMK tertua di Polewali Mandar. Cetak
oleh Zulfihadi   
Kamis, 05 September 2013 10:42 | Tampil : 2048 kali.


Mungkin ada diantara kita yang masih bingung dan bertanya-tanya dalam hati (karena malu bertanya pada orang lain xixixixi...) “sebanarnya apa sih nama sekolah setingkat SMA yang ada dipinggir lapangan desa Tumpiling itu ??. koq, kadang disebut STM, SMK Wonomulyo, SMK Tumpiling, SMK Soeparman, bahkan ada yang mengatakan SMK 1 Wonomulyo. Sekolahan cuma satu tp koq punya banyak nama???. nah daripada kalian bingung mikir sampai kening berkerut dan dompet susut, mending saya bagikan aja informasinya. Ceritanya begini......

Alkisah pada suatu masa ( kok kaya mau baca dongeng yach xixixixi......), saat itu kondisi lembaga pendidikan sekolah khususnya Sekolah kejuruan di kota Wonomulyo (ceileee.....bahasanya. Tp dulu sich blum kota) masih belum ada bahkan belum ada sekolah kejuruan yang berdiri di wilayah yang sekarang bernama sulawesi barat. Syahdan berkumpullah tiga orang ksatria ( eh....dongeng lagi hehehehe) yaitu pak Gaib, pak Sandiman, pak Mohadi dan didirikanlah sekolah kejuruan yang diberi nama Sekolah Tehnik Menengah (STM) Wonomyulo tahun 1968.

 

 

Kunjungan kepala Dinas Pendidikan Polman (waktu itu masih bernama Polmas)

Drs. Sultan ke SMK Soeparman tahun 1998

 

 

Pada awalnya STM Wonomulyo melakukan kegiatan belajar mengajar di ST Wonomulyo yang sekarang telah berganti menjadi SMP Negeri 5 Wonomulyo hingga tahun 1989 sebelum pindah ke gedung sendiri yang berlokasi di tempat yang sekarang. Lalu pada tahun 1990an pemerintah dalam hal ini kementrian pendidikan nasional menghapuskan seluruh nama sekolah tehnik dan mengubahnya menjadi sekolah kejuruan, maka STM Wonomulyo pun berubah menjadi SMK Wonomulyo. Karena sekolah ini berada di desa Tumpiling, maka ada juga yang menyebutnya SMK Tumpiling. Perkembangan selanjutnya, pada tahun 2000an menjamurlah sekolah kejuruan termasuk di Wonomulyo berdiri beberapa SMK. Maka untuk memudahkan pengidentifikasian oleh DikNas, SMK Wonomulyo disebut sebagai SMK Soeparman. Ada yang tau ngak siapa itu Soeparman?????. pasti ada yang bilang kalau Soeparman tuh nama pahlawan nasional, nggak apa-apa dech asal jangan ada yang bilang kalau beliau saudaranya Superman yang dari Amrik sana hehehehe. Sebenarnya beliau mempunyai nama lengkap Raden Soeparman, beliau adalah seorang terpelajar dari tanah jawa sana yang memimpin rombongan transmigrasi  tahap pertama  pada tahun 1930an, yang datang ke sebuah hutan dan diberi nama Wonomulyo hingga saat ini. Nah nama beliaulah yang diabadikan menjadi nama Yayasan sekaligus nama sekolah yang sekarang berdiri ditepi lapangan desa Tumpiling dan memiliki kompleks yang asri dan menyejukkan mata.

 

Suasana pelulusan siswa kelas XII tahun 2012

Menjelang usianya yang hampir setengah abad, SMK Soeparman telah mengalami beberapa kali pergantian kepala sekolah.  Pejabat kepala sekkolah yang pertama dipegang oleh Sandiman dari tahun 1968/1976, lalu digantikan oleh Gaib S. Dari tahun 1976/1986, setelah itu tongkat estafet kepala sekolah kembali berpindah kepada H. Sandiman pada tahun 1986/1990, lalu berpindah lagi kepada Drs. J. Randan pada tahun 1990/2008, Drs. M. Suale M.pd lalu menjabat kepala sekolah dari tahun 2008/2010 namun jabatan kepala sekolah tersebut kembali diserahkan pada Drs. J. Randan pada tahun 2010/2012. Hanya dua tahun sebagai pejabat kepala sekolah untuk yang kedua kalinya, jabatan kepala sekolah diserahkan kepada Ir. Sukwanto pada tahun 2012 hingga sekarang.

Sebagai sekolah kejuruan tertua di Polewali mandar, SMK Soeparman telah mengantongi sertifikasi status DIAKUI oleh Dinas Pendidikan Nasional melalui sertifikat dengan nomor 79/C.C7/Kep/PP/2000. Untuk saat ini, SMK Soeparman telah membuka tiga jurusan kejuruan yaitu jurusan Tehnik Sipil (Bangunan gedung), Tehnik Otomotif dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  Hingga tahun 2004, SMK Soeparman cukup terkenal karena keaktifannya dalam mengikuti kegiatan ekstra kurikuler  khususnya Pramuka dan PMR dan berhasil mengkoleksi beberapa piala dalam berbagai lomba pada ajang PORSENI, LKS (Lomba Keterampilan Siswa) tingkat nasional ataupun ajang lomba yang lain.

 

Beberapa siswa dan guru yang mengikuti kegiatan

Pembukaan Porseni SMK se Polewali Mandar tahun 2012

 

 

Partisipasi SMK Soeparman dalam mengikuti kegiatan

Porseni SMK se Polewali Mandar tahun 2012

yang dibuka secara resmi oleh Bupati polewali Mandar.

 

 


Pelatihan Multimedia untuk tenaga pengajar  bulan september 2012

 

 

Namun sayang belakangan ini, pamor SMK Soeparman sepertinya agak menurun. Dan menjadi kewajiban seluruh komponen, baik siswa, guru, pegawai, alumni maupun masyarakat sekitar untuk bahu membahu agar kejayaan SMK Soeparman kembali bisa berkibar di kalangan dunia kependidikan dan pengkaderan baik lokal Polewali mandar maupun regional Sulawesi Barat bahkan Nasional.

Sekian info singkat tentang nama SMK Soeparman, smoga bermanfaat.

 

 

 


Zulfihadi, saat ini menetap di kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar, hobi membaca hal yang berkaitan dengan sejarah dan budaya daerah serta mengutak-atik komputer, tenaga pendidik di SMK Soeparman Wonomulyo dan aktif sebagai pembina Pramuka di instansi mengajarnya.

 

 

Comments 

 
#1 2014-09-26 12:03
mau tanya apa smk soeparman butuh guru matematika??saya butuh tambahan jam mengajar..
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017