Online 62 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Artikel Potret Kondisi Parah Jalur Polman-Mamasa Dan Mamasa-Mamuju-Sulawesi Barat

Potret Kondisi Parah Jalur Polman-Mamasa Dan Mamasa-Mamuju-Sulawesi Barat Cetak
oleh Pusvawirna Natalia Muchtar   
Sabtu, 15 Februari 2014 13:32 | Tampil : 1762 kali.

Mamasa, salah satu kabupaten yang masuk dalam provinsi Sulawesi Barat, merupakan kabupaten yang terletak jauh kedalam pelosok Sulawesi Barat, sebagian besar daerahnya didominasi pegunungan dan nyaris tak punya wilayah laut, kondisinya saat ini memprihatinkan, terutama pada akses jalur darat dari dan menuju kota kabupatennya.

Beginilah kondisi jalan menuju Kabupaten Mamasa dari arah kabupaten Polewali Mandar. Boleh dikata 90% yang dilalui jalan tanpa aspal dengan badan jalan yang sempit. Waktu tempuh dari Kabupaten Polman ke kota kabupaten Mamasa sekitar enam sampai dengan tujuh jam perjalanan. Jika anda belum terbiasa mengemudi di medan yang seperti ini, jangan pernah mencobanya, salah sedikit anda bisa masuk ke jurang.


jalur menuju kota mamasa sulbar

Jalur menuju Mamasa disaat kering, jika basah dipastikan akan penuh lumpur (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Karena penduduknya yang mayoritas non muslim, maka Masjid (tempat ibadah orang-orang muslim) merupakan barang langka yg ditemukan di sepanjang perjalanan. Biasanya jika ingin buang air kecil, orang-orang dapat mampir ke Masjid yang punya fasilitas untuk buang air. Tetapi berhubung masjid susah ditemukan, maka tersedia fasilitas toilet seperti yang ada pada foto dibawah ini, jauh dari kata permanen dengan fasilits air yang lancar, namun hanya ditutupi oleh kain bekas dari karung dan terpal seadanya.
fasilitas toilet di jalur polman mamasa

Fasilitas toilet yang ada di jalur menuju kabupaten Mamasa (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Jalur menuju Mamasa memang buruk tetapi saat anda menjejakkan kaki di kota ini, maka anda akan disaikan panorama pemandangan alam yang sangat indah, ada begitu banyak sawah berbentuk tangga terasering yang dibuat oleh warga Mamasa dengan ketinggian yang berbeda-beda. Jalurnya ekstrim dan letaknya terisolir namun pesona alamnya menarik.

sawah kabupaten mamasa sulawesi barat

Salah satu pesona keindahan alam kabupaten Mamasa provinsi Sulawesi Barat (Foto : Pusvawrina Natalia Muchtar)


Jika ingin menuju kota Mamuju provinsi Sulawesi Barat, maka anda dapat melalui jalur darat Mamasa- Aralle-Mambi - Mamuju, tetapi kurang lebih nasibnya sama dengan jalur Polman-Mamasa, bahkan lebih  parah dan memperihatinkan. Jika kemudian dilakukan pengerasan jalan, maka jalur Mamasa-Mamuju mungkin dapat ditempuh dalam waktu empat hingga lima jam. Dalam kondisi yang kering dan terik pun jalur jalan lunak dan lembek, apalagi jika hujan turun. Waktu tempuh kota kabupaten Mamasa -  kota Mamuju adalah sembilan jam perjalanan dengan rata-rata kecepatan dari Mamasa sampai Tabulahan 6-7 km/jam dengan kendaraan beroda empat, jika dibandingkan dengan kendaraan beroda dua maka ia  jauh lebih cepat.


jalur mamasa mamuju via aralle tabulahan mambi

Jalur dari kabupaten Mamasa menuju kota Mamuju via Aralle (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

jalan parah mamasa mamuju sulawesi barat

Jalur jalan yang rusak parah dari Mamasa menuju Mamuju (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)
jalur mamasa-mamuju sulawesi barat
Kendaraan yang melalui jalur Mamasa – Mamuju sebaiknya kendaraan yang tangguh untuk medan off road
(Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Penulis :

pusvawirna natalia muchtarPusvawirna Natalia Muchtar, saat ini tinggal di Mamuju, Sulawesi Barat. Penggemar travelling, seni, dan dunia desain grafis. Menamatkan pendidikan di D3 Manajemen Informatika AIK AKBA Makassar, dan saat ini bekerja sebagai staf karantina pertanian di Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sulbar.

Kontak Saya :

Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Twitter : https://twitter.com/pusvanadeshiko

Facebook : https://www.facebook.com/pusvawirnanatalia.muchtar

 

 

Comments 

 
#1 2014-07-01 16:27
mudah-mudahan dalam jangka 10 tahun kedepan jalanan bisa mulus....
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017