Online 65 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Artikel Potensi Cemerlang Buah Kakao Di Tubbi Taramanu, Polewali Mandar

Potensi Cemerlang Buah Kakao Di Tubbi Taramanu, Polewali Mandar Cetak
oleh Gunawan Apriatno   
Minggu, 10 Agustus 2014 10:57 | Tampil : 1359 kali.

Polewali Mandar merupakan salah satu kabupaten yang memiliki potensi sumber daya alam yang cukup melimpah. Khususnya pada sektor perkebunan seperti kakao, kelapa, kemiri, kopi dan enau. Namun, diantara komoditi tersebut, kakao merupakan komoditi terbesar, namun belum bisa diharap banyak memberi kontribusi sesuai dengan harapan karena petani kebanyakan melakukan penjualan secara gelondongan (polmankab.go.id )

Salah satu wilayah penghasil buah kakao terbesar di Kabupaten Polewali Mandar adalah Kecamatan Tu’bi Taramanu (Tutar) yang berada di daerah pegunungan di arah utara. Kecamatan yang cukup jauh dari kota kabupaten ini terdiri dari daerah dataran tinggi dengan ketinggian beragam dan tepat sebagai lahan tumbuh buah kakao.

Dalam mempertahankan hasil produksi dan mutu kakao, masyarakat bersama pemerintah kabupaten telah banyak melakukan kegiatan pelatihan tentang cara perawatan tanaman buah kakao yang baik mulai dari tahap pemupukan hingga pengendalian hama.

Untuk waktu panen buah kakao di kecamatan Tutar dalam satu tahun biasanya terjadi pada bulan Juni hingga Juli, Oktober hingga November, waktu pertumbuhannya berada di antara Agustus hingga September. Dalam sekali panen kadang diperoleh enam karung basah, dan setelah melalui proses pengeringan Kakao menjadi tersisa dua karung kering, jumlah ini relatif, tergantung dari luasan lahan kakao yang dimiliki oleh warga. Hal ini dikatakan oleh Siti Suhrah, warga kecamatan Tutar yang bekerja sebagai tenaga kontrak di puskesmas Tutar dan memiliki lahan kakao.

kebun kakao tutar polman sulbar

Penulis saat berada di lahan Kakao di kecamatan Tutar, kabupaten Polewali Mandar
(Foto : Gunawan Apriatno)

kakao tutar polman

Lahan Kakao di Tutar, Polman, (Foto : Gunawan Apriatno)

siti suhrah pemilik lahan kakao tutar polman

Siti Suhrah, pemilik lahan kakao di Tutar, Polman (Foto : Gunawan Apriatno)

buah kakao muda tutar polman

Buah Kakao yang masih muda (Foto : Gunawan Apriatno)

kakao tutar polman sulbar

Buah Kakao menjelang matang (Foto : Gunawan Apriatno)

Potensi buah kakao yang dimiliki polman saat ini, diharapkan tetap dikembangkan sehingga dapat  memberi kontribusi untuk peningkatan kesejahteraan khususnya masyarakat petani kakao dan kabupaten polewali mandar pada umumnya. Hal ini juga sejalan dengan agenda dimana Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat ditetapkan sebagai pusat pengembangan industri kakao melalui seleksi kompetensi inti industri nasional.


Penulis :

gunawan apriatnoGunawan Apriatno, lahir dan besar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, saat ini bermukim dia kecamatan Wonomulyo.  Penggemar tokoh musik Iwan Fals, dan menyukai dunia budaya, travelling serta wisata.

 

Kontak Saya :

Facebook : https://www.facebook.com/yoko.shi.9

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017