Online 30 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Berita Atraksi Perdana Saqbe Mandar 3 Di Ajang Sandeq Race 2013

Atraksi Perdana Saqbe Mandar 3 Di Ajang Sandeq Race 2013 Cetak
oleh Administrator   
Sabtu, 31 Agustus 2013 21:13 | Tampil : 1198 kali.

Saqbe Mandar 3 adalah salah satu perahu sandeq yang turut hadir dalam hari kedua “Sandeq Race” berada di kabupaten Polewali Mandar. Sandeq ini sangat unik dengan corak layar (Sobal) yang berwarna warni mulai dari warna merah, kuning dan hijau serupa dengan warna yang biasa digunakan oleh “Bob Marley” dengan sensasi “Rastavarian” yang identik dengan musik reggae. Entah mengapa warna layar yang dipilih seperti ini, yang jelas warnanya sangat mencolok ketika berpadu dengan biru lautan. Saqbe Mandar 3 dilayarkan tidak untuk ikut bersaing dengan para peserta lomba segitiga, ini hanyalah sandeq yang dilayarkan oleh beberapa orang saja. Sandeq ini bertugas menjemput pemenang sandeq race etape Majene- Polewali Mandar.

sandeq saqbe mandar 3

Tampak layar (sobal) perahu sandeq Saqbe Mandar 3 ditengah lautan sangat mencolok
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Sesaat sebelum sandeq Saqbe Mandar 3 dilayarkan saat lomba segitiga, Bapak Bupati Polewali Mandar sempat naik ke haluan perahu ini dan menyempatkan untuk berfoto sejenak. Sandeq ini kabarnya akan diberikan kepada pihak asing untuk kenang-kenangan atau cinderamata, hal ini secara tidak langsung akan sangat bernilai positif promosi budaya maritim Mandar. Sebagian besar orang-orang di luar negeri beberapa tahun yang lalu mungkin telah mengenal sandeq sebagai perahu tangguh, namun pemberian secara langsung akan lebih dapat mempromosikan perahu sandeq itu sendiri.

Sebelum sandeq saqbe Mandar 3 terdapat pendahulunya Sandeq Saqbe Mandar 1 dan sandeq Saqbe Mandar 2, Saqbe Mandar 1 telah dihibahkan kepada pemerintah Perancis (Brest), sementara Sabe Mandar 2 saat ini sedang mengikuti lomba etape Sandeq Race 2013. Salah satu dari Saqbe Mandar 2 atau 3 yang kabarnya akan turut dihibahkan kepada pemerintah Australia setelah ajang Sandeq Race tahun ini selesai.

sandeq saqbe mandar 3 ali baal masdar

Saat Bupati Polman Ali Baal Masdar menyempatkan diri berfoto di haluan Saqbe Mandar 3
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Saqbe Mandar 3 adalah perahu yang perdana dilayarkan beberapa hari sebelum pelaksanaan Etape Sandeq Race 2013 rute Majene-Polman. Disaat perlombaan segitiga sandeq dimulai di Majene sandeq ini kemudian dibawa dari daerah pembuatannya yaitu di Tangnga-Tangnga (Tinambung) ke kota Polewali.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017