Online 48 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Galeri Foto Foto : Etape Pertama Sandeq Race 2013 Mamuju - Deking

Foto : Etape Pertama Sandeq Race 2013 Mamuju - Deking Cetak
oleh Administrator   
Minggu, 25 Agustus 2013 09:14 | Tampil : 1453 kali.

Hari ini 25 Agustus 2013 etape pertama "Sandeq Race 2013" dimulai dari kab. Mamuju dan berakhir di daerah Deking (salah satu daerah di kecamatan Malunda kab. Majene. Etape pertama ini merupakan hari kedua pelaksanaan festival budaya Maritim terbesar Mandar setelah hari pertama telah dimulai dengan lomba Segitiga di wilayah pesisir pantai Mamuju. Setelah kemarin mengeluarkan pemenang tiga sandeq terbaik dan tercepat yaitu berturut-turut sandeq "Cahaya Mandar", sandeq "Mandala Bintang Timur" dan sandeq "Surya Persada" maka sekitar 30-an sandeq hebat ini akan menjalani rute yang cukup panjang. Anda bisa melihat foto aksi persiapan dan lomba segitiga Sandeq Race 2013 Mamuju, dan foto detik-detik finish Lomba segitiga Sandeq Race Mamuju

Etape pertama ini mengikutkan 31 buah perahu Sandeq yang terpantau dari pelabuhan Simboro Mamuju dengan posisi pertama iring-iringan yaitu sandeq "Radar Sulbar", dan diposisi paling akhir sandeq "Mamuju Utara". Perahu khas suku Mandar ini akan menempuh jarak sekitar 64 km perjalanan darat dari arah Mamuju hingga perbatasan Mamuju dan kab. Majene. Etape pertama akan berakhir di daerah "Deking", salah satu daerah di kecamatan Malunda yang berbatasan dengan desa Mekkatta. Daerah ini setiap tahunnya menjadi titik persinggahan untuk etape pertama. Daerah deking adalah daerah yang terkenal dengan sungai Deking yang sangat lebar dan merupakan muara dari desa Bambangan, sentra buah durian yang paling terkenal di kab. Majene.

Berikut ini adalah dokumentasi foto-foto saat etape pertama Mamuju-Deking yang dimulai hari ini :

etape pertama sandeq race 2013 mamuju-deking

Iring-iringan sandeq race 2013 di hari pertama rute Mamuju - Deking (Foto : Hijranah)

perahu motor pendamping sandeq race 2013 etape pertama
Perahu motor pendamping sandeq race 2013 yang siap mengiringi di etape pertama (Foto : Hijranah)

iringan sandeq race 2013 etape mamuju deking
Iringan sandeq race 2013 etape mamuju deking dari Pelabuhan Simboro  (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Iring-iringan lomba perahu bercadik tradisional ini juga dilengkapi dengan beberapa perahu motor berukuran yang mengikuti sandeq di setiap etape. Armada ini akan mengawasi perahu sandeq jika kemudia ditemukan masalah saat lomba berlangsung.  Lomba ini juga mendapatkan dukungan sepenuhnya dari pihak Marinir dan Dinas Kesehatan, kedua pihak ini yang akan mensupport dan membantu peserta jika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan termasuk jika para "passandeq" dan "sawi" mengalami masalah kesehatan yang sangat mungkin terjadi. Terjangan ombak dan kondisi laut yang ganas bisa jadi penyebab masalah timbulnya gangguan kesehatan.

 

Comments 

 
#1 2013-08-25 10:38
kreatif banget ner...boleh tu ditingkatkan agar budaya mandar dimata dunia semakin di kenal akan perahu sandeqnya...
Quote
 
 
#2 2013-08-27 10:57
Quoting asruddin as:
kreatif banget ner...boleh tu ditingkatkan agar budaya mandar dimata dunia semakin di kenal akan perahu sandeqnya...


mari bersama melestarikan budaya maritim suku Mandar
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018