Online 39 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Galeri Foto Foto : Melihat Aktivitas Nelayan Tuing-Tuing Di Pantai Somba Kec. Sendana Kab. Majene

Foto : Melihat Aktivitas Nelayan Tuing-Tuing Di Pantai Somba Kec. Sendana Kab. Majene Cetak
oleh Administrator   
Selasa, 07 Januari 2014 11:26 | Tampil : 1354 kali.

Pantai Somba kecamatan Sendana kabupaten Majene adalah salah satu tempat dimana anda dapat melihat dari dekat bagaimana ikan terbang diolah oleh nelayan setempat. Jenis ikan yang menjadi primadona kuliner di daerah Labuang, daerah yang akan anda temui sebelum masuk daerah Somba, ibukota kecamatan Sendana kabupaten Majene.

Di sekitar pantai Labuang Somba ini anda dapat melihat aktivitas nelayan yang sibuk mengolah ikan terbang, mulai saat ikan dibawa pulang oleh nelayan yang usai melaut, ibu-ibu yang melepas ikan yang terperangkap dalam jaring, dan membawanya ke daratan untuk diolah.

Ikan terbang yang dalam nama ilmiahnya disebut Exocoetidae, memang banyak ditemukan di sekitar daerah ini. Ikan ini memiliki ciri fisik yaitu sirip dadanya yang besar, memungkinkan ikan ini meluncur terbang secara singkat di udara, di atas permukaan air, serta untuk lari dari pemangsa. Ia termasuk dalam jenis ikan perenang cepat. ikan ini diolah dengan berbagai macam cara mulai dari dibakar, dipanggang, hingga diasinkan oleh nelayan dan warga setempat.

aktivitas nelayan di pantai somba majene

Aktivitas nelayan di Pantai Somba saat melepas ikan terbang "tuing-tuing" dari jaring (Foto : Zulkifli Zain)

aktivitas nelayan pantai somba majene

Seorang anak membawa beberapa ekorĀ  ikan terbang "tuing-tuing" dengan latar belakang ibu-ibu sedang melepas ikan dari jaring (Foto : Hijranah)

Nelayan di Somba memang banyak memburu jenis ikan ini, karena itu jika anda berkunjung atau sekedar melewati ke kecamatan Sendana maka anda akan menemukan kawasan puluhan kedai panjang yang menyajikan menu ikan terbang. Mudah saja untuk menandainya jika anda menemukan kepulan asap yang kadang sampai ke badan jalan menjelang masuk daerah Somba maka itulah kawasan kedainya. Menu yang nikmat untuk anda coba adalah ikan terbang asapĀ  atau "tuing-tuing tapa", selain itu ada sajian makanan lezat lainnya dari jenis ikan lainnya misalnya saja "bau bulalia" atau jika beruntung dan tepat pada musimnya maka anda akan menemukan hidangan cumi-cumi.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018