Online 54 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Galeri Foto Foto : Situs Pakkaracangang Pasukan Ammana Pattolawali Di Kecamatan Alu Polewali Mandar

Foto : Situs Pakkaracangang Pasukan Ammana Pattolawali Di Kecamatan Alu Polewali Mandar Cetak
oleh Administrator   
Kamis, 30 Januari 2014 10:21 | Tampil : 1284 kali.

Ada beberapa situs di Sulawesi Barat yang dipercaya oleh penduduk sebagai lokasi bersejarah sesuai dengan penuturan oleh masyarakat setempat. Cerita yang diperoleh diyakini cerita turun temurun dari leluhur mereka. Cerita ini berkembang tanpa kemudian ada penelusuran bukti bersejarah yang mendukungnya. Salah satu contoh situs seperti ini adalah Situs Pakkaracangang yang terdapat di kecamatan Alu, kabupaten Polewali Mandar.

Situs ini merupakan sebuah batu yang landai yang terletak tepat di atas puncak gunung, dan nyaris tak ada tempat untuk berteduh. Posisi detailnya adalah di sisi tebing dengan kedalaman yang cukup terjal. Di atas permukaan batu tersebut terdapat lubang-lubang kecil yang letaknya hampir sejajar dengan pola yang teratur, mirip dengan bentuk geometri permainan “Karacang”. Karacang adalah jenis permainan tradisional yang dilakoni oleh anak-anak dan perempuan. Di Jawa permainan ini dikeal dengan nama Congklak, yaitu permainan yang dilakoni oleh dua orang untuk mengisi lubang-lubang kecil yang ada di dihadapan pemain dengan menggunakan biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan. Sekitar 6-7 lubang untuk permainan di situs ini letaknya hampir sejajar dengan tambahan dua lubang besar tepat di masing-masing sisi, sisi kiri dan sisi kanan.

foto situs pakkacangang

Foto Situs Pakkacangang Pasukan Ammana Pattolawali Di Kecamatan Alu Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Ramli Rusli)

Cukup aneh melihat bentuk-bentuk lubang pada permukaan batu yang letaknya teratur. Menurut penuturan penduduk setempat, lubang-lubang ini dahulu dibuat oleh para pasukan Ammana Pattolawali untuk mengusir kejenuhan dalam mengintai pergerakan Belanda dengan melakukan permainan Karacang. Ammana Pattolawali seperti yang diketahui adalah seorang pahlawan yang berasal dari kerajaan Alu, salah satu kerajaan tertua yang berada di wilayah Mandar, merupakan sekutu kerajaan Balanipa dengan ikatan yang begitu kuat. Wajar jika kemudian ada beberapa peninggalan ataupun cerita Ammana Pattolawali yang didengar dan berkembang di kecamatan Alu, karena dahulu ia adalah putera asli Alu yang gigih melawan Belanda. Ia bersama saudara kandungnya Ammana Wewang adalah dua keturunan raja Alu yang masing-masing memegang jabatan panglima perang di dua kerajaan berbeda. Ammana Pattolawali sebagai panglima perang kerajaan Banggae dan Ammana Wewang panglima kerajaan Balanipa.

 

Comments 

 
#1 2014-03-23 13:03
kayaknya di jalan pendakian menuju buttu karampuang ini kanda Tom
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018