Online 39 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Aksi Kompa Dansa Mandar Polman Menyambut Sandeq Race 2013 Di Pantai Bahari

Aksi Kompa Dansa Mandar Polman Menyambut Sandeq Race 2013 Di Pantai Bahari Cetak
oleh Muhammad Putra Ardiansyah   
Jumat, 30 Agustus 2013 10:43 | Tampil : 1258 kali.

Kompa Dansa Mandar (Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar) wilayah kab. Polewali Mandar menyambut datangnya Sandeq Race di pantai Bahari tepat pada hari Kamis, 29 Agustus 2013. Bentuk pengenalan dan pendokumentasian terhadap salah satu budaya maritim termegah suku Mandar, Sulawesi Barat yaitu lomba perahu sandeq. Even yang diadakan di tepat di bibir pantai Bahari ini juga serempak dengan pemecahan rekor MURI untuk pembentangan sarung tenun sutera Mandar (Lipaq Saqbe) yang terpanjang saat ini di Indonesia.

Meski hanya dihadiri oleh empat orang anggota Kompa Dansa Mandar tapi tidak mengurangi kemeriahan acara ini. Dibawah ini merupakan beberapa dokumentasinya :

kompa dansa mandar polman dan sawi sandeq mandala bintang timur

Foto bersama para "sawi" Mandala Bintang Timur, pemenang Sandeq Race 2013 etape Majene-Polman (Foto : Zulfihadi)

kru sawi sandeq mandala bintang timur
Para sawi sandeq Mandala Bintang Timur yang baru saja sampai dan berfoto bersama (Foto : Zulfihadi)

Sesaat setelah sandeq Mandala Bintang Timur berlabuh, Kompa Dansa Mandar Polman menyempatkan mengabadikan dokumentasi bersama para "sawi lopi" yang baru saja mereguk kemenangan. Sandeq Mandala bersaing dengan beberapa sandeq lainnya yaitu Teluk Mandar di urutan kedua, dan disusul oleh sandeq Paindo, ketiganya adalah tiga besar urutan pemenang etape Majene-Polewali Mandar.

kompa dansa mandar polman ali baal masdar

Kompa Dansa Mandar Polman bersama dengan bapak Bupati Polman Ali Baal Masdar (Foto : Muhammad Hasbi)

Di acara ini juga hadir bapak Bupati Polewali Mandar yaitu Ali Baal Masdar, dan menyempatkan diri berfoto bersama dengan anggota Kompa Dansa Mandar, beliau men-support kegiatan-kegiatan dari komunitas yang berupaya melestarikan budaya daerah.

kompa dansa mandar polman andi masri masdar

Kompa Dansa Mandar Polman bersama dengan bapak Andi Masri Masdar (Ka. Kwarcab Pramuka Polewali Mandar)
(Foto : Muhammad Hasbi)

Selain dihadiri oleh bapak bupati even ini juga didatangimoleh banyak tokoh-tokoh di Polewali mandar salah satunya yaitu Bapak Andi Masri Masdar (Ka. Kwarcab pramuka polewali mandar) yang merupakan adik kandung dari Andi Ali Baal Masdar. Saat pertemuan dengan anggota Kompa Dansa mandar belia berkata "Maaf dinda, saya tertarik dan ingin berbincang lebih banyak dengan adinda sekalian dari komunitas ini, sebentar kita bicara banyak" Namun sayang, hingga acara selesai, Kompa Dansa Polman tidak sempat menemui beliau.

Penulis :

muhammad putra ardiansyahMuhammad Putra Ardiansyah, saat ini menetap di Manding Kab. Polewali Mandar, hobi travelling, fotografi, dan dunia bisnis. Alumni SMK Neg 1 Polewali yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Kontak Saya :

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018