Online 43 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Jejak Kompa Dansa Mandar Melihat Langsung Perlombaan Membuat Keris “Gayang” di Desa Pamboborang Kab. Majene

Jejak Kompa Dansa Mandar Melihat Langsung Perlombaan Membuat Keris “Gayang” di Desa Pamboborang Kab. Majene Cetak
oleh Administrator   
Selasa, 31 Desember 2013 11:14 | Tampil : 1703 kali.

Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) kemarin 30/12/2013 berkesempatan menyaksikan rangkaian lomba permainan rakyat tradisional Mandar yang dilangsungkan di desa Pamboborang Kelurahan Baru Kecamatan Banggae Kab. Majene  Provinsi Sulawesi Barat.  Salah satu item yang dilombakan di desa sentra penghasil senjata tajam di Kabupaten Majene ini adalah lomba pembuatan keris diantara para pandai besi yang hidup di desa ini. Lomba yang dimotori oleh tokoh masyarakat Drs. Burhanuddin yang dirangkaikan dengan syukuran pernikahan putranya. Selain lomba pembuatan keris, juga terdapat lomba permainan tradisional Mandar yaitu “Paqjekka” dan “Paggasing” dua permainan rakyat yang sudah jarang ditemukan saat ini.

Di hari pertama lomba pembuatan keris antar pandai besi diikuti oleh cukup banyak peserta tepatnya 23 buah keris tanpa gagang yang diselesaikan dan masuk ke tangan panitia. Masing-masing “gayang” atau keris mewakili kreasi dari para pembuatnya sendiri, dengan motif dan karakter yang berbeda-beda.

penilaian lomba keris mandar pamboborang

17 buah keris yang dinilai oleh panitia lomba (Foto: Fahmira Ahmad)

Keris yang diikutkan dalam lomba dibuat dengan kreasi masing-masing pandai besi, sebagian dari mereka mempercantik keris dengan menambahkan ukiran tertentu pada badan keris.

mengukir gayang keris mandar

Tahap mengukir bilah keris (Foto : Fahmira Ahmad)

Setelah melalui proses pengukiran maka keris akan direndam dalam air keras dengan tujuan untuk menonjolkan motif yang ada pada keris.

merendam keris mandar dalam air keras

Perendaman bilah keris dalam air keras untuk menonjolkan motif (Foto : Fahmira Ahmad)

Metode membuat  dan menghaluskan badan keris saat ini dilakukan dengan metode modern menggunakan pengasah bersumber dari tenaga listrik, tidak lagi menggunakan metode manual.

membentuk bagian keris pamboborang

Proses menghaluskan badan keris  (Foto : Fahmira Ahmad)

Pada badan keris seorang pandai besi bebas mengkreasikan apapun yang mereka inginkan dan tampaknya terdapat keris unik yang diterima oleh panitia lomba dimana dibagian pangkalnya terdapat huruf arab bertuliskan "Allah"

keris mandar berukirkan tulisan arab

Keris bertuliskan huruf Arab (Foto : Fahmira Ahmad)

Rangkaian lomba permainan rakyat ini sempat dikunjungi oleh pihak pemerintah, yaitu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Budaya Kab. Majene, yang menyempatkan diri memberikan sambutansehubungan dengan lomba yang berkaitan dengan budaya ini.

Beberapa anggota KOMPA DANSA MANDAR turun langsung menyaksikan lomba keris yang terbilang unik ini, karena lomba sejenis cukup jarang kita dengarkan.

kompa dansa mandar lomba membuatn keris pamboborang

Anggota KOMPA DANSA MANDAR yang menyaksikan lomba pembuatan keris di desa Pamboborang (Foto : Fahmira Ahmad)

kompa dansa mandar majene panitia lomba keris

Seorang anggota KOMPA DANSA MANDAR bersama panitia menunjukkan bilah keris yang telah selesai dibuat  (Foto : Fahmira Ahmad)

Lomba pembuatan senjata tajam di desa Pamboborang memang terbilang berbeda hal ini kurang lebih dapat menunjukkan kembali ciri khas daerah yang menjadi pusat pembuatan senjata tajam di Mandar khususnya di kabupaten Majene. Banyak orang yang tak tahu bahwa di salah satu desa yang berjarak sekitar 5 km dari kabupaten Majene ini banyak dibuat senjata tajam yang memiliki nilai artistik yang baik.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018