Online 30 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Jejak Kompa Dansa Mandar Mamuju Di Air Terjun Leqbeng Kalukku

Jejak Kompa Dansa Mandar Mamuju Di Air Terjun Leqbeng Kalukku Cetak
oleh Administrator   
Minggu, 19 Januari 2014 08:17 | Tampil : 1152 kali.

Beberapa waktu yang lalu Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) menyempatkan melakukan perjalanan singkat ke salah satu objek wisata alam di Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju, yaitu "Air Terjun Leqbeng". Air terjun ini berjarak sekitar 5 km dari jalur menuju Kecamatan Kalumpang. Selain air terjun Leqbeng Mamuju menyimpan beberapa pilihan wisata alam berupa air terjun lain yang dapat anda kunjungi, misalnya saja Air Terjun Biolo dan Air Terjun Salu Ma'dinging di Kecamatan Tommo, Air Terjun Tamasapi di Kecamatan Mamuju, Air Terjun Taranusi di Kecamatan Bonehau, dan Air Terjun LebaniĀ  di Kecamatan Tappalang Barat. Sebagai salah satu kabupaten yang paling luas di Sulawesi Barat, maka Mamuju mendukung untuk adanya beberapa air terjun, bentuk topografi alamnya yang banyak didominasi oleh daerah pegunungan memungkinkan banyaknya titik air terjun yang dapat terlihat.

Salah satu air terjun yang menarik di Mamuju adalah air terjun leqbeng, jaraknya yang cukupĀ  dekat dan lumayan mudah diakses dengan menggunakan kendaraan beroda dua menjadi salah satu keunggulannya. Hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat memarkir kendaraan, maka sekejap anda dapat bertemu dengan panorama air curah vertikal yang indah ini.

Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) mengunjungi tempat ini hanya dengan sedikit anggota saja, tidak lebih 5 orang, mencoba melihat seperti apa bentuk keindahan Leqbeng, dan apa yang kemudian dilihat oleh mata dapat terekam dalam beberapa gambar yang sempat kami abadikan.

air terjun leqbeng kalukku mamuju

Air Terjun Leqbeng di Kec. Kalukku Kab. Mamuju Sulawesi Barat (Foto : Irwan Saputra)

air terjun leqbeng mamuju sulawesi barat

Air Terjun Leqbeng di Kec. Kalukku Kab. Mamuju Sulawesi Barat (Foto : Irwan Saputra)

Nyaris air terjun Leqbeng tidak terkenal, atau belum familiar saat ini. Hanya sedikit orang yang tahu dan menjadikannya sebagai pilihan berwisata di kab. Mamuju.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018