Online 41 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Gathering Pertama Kompa Dansa Mandar Wilayah Mamuju Dengan Muhammad Ridwan Alimuddin

Gathering Pertama Kompa Dansa Mandar Wilayah Mamuju Dengan Muhammad Ridwan Alimuddin Cetak
oleh Administrator   
Kamis, 23 Januari 2014 08:38 | Tampil : 1140 kali.

Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) Wilayah Mamuju semalam (22/01/2014) bertempat di Maleo Hotel & Convention bertemu langsung dengan budayawan muda Mandar, Muhammad Ridwan Alimuddin. Beberapa waktu terakhir budayawan ini sedang getol-getolnya memberikan komentar di grup facebook Kompa Dansa Mandar, menjawab pertanyaan mengenai persoalan budaya dan wisata khususnya di wilayah Sulawesi Barat.

Minat seorang Ridwan Alimuddin pada laut, budaya dan wisata Mandar membawanya menjadi lebih dekat dengan aspek-aspek yang berhubungan dengan dunia Mandar. Selepas pendidikannya di tanah Jawa ia banyak menelurkan karya-karya berupa tulisan, foto, serta dokumentasi berupa film documenter. Ini juga yang membawanya menekuni profesi sebagai sebagai jurnalis di salah satu harian terbesar di Sulawesi Barat “Radar Sulbar” , membuatnya menjadi lebih paham mengenai peta budaya dan wisata di Sulbar. Ada begitu banyak kegiatan budaya dan wisata yang telah ia dokumentasikan, karya tulis yang telah ia hasilkan, dan seperti pada umumnya karyanya senantiasa menggunakan metode faktual dalam penyajiannya, penggabungan antara metode penelusuran literatur dan data-data valid di lapangan.

Kali ini dalam kunjungannya beberapa hari, di sela kegiatannya yang padat ia menyempatkan bertemu dengan Kompa Dansa Mandar Mamuju.

kompa dansa mandar mamuju ridwan alimuddin

Kompa Dansa Mandar Wilayah Mamuju bersama Ridwan Alimuddin (Foto : Irwan Saputra)

Kali ini gathering bisa dibilang tidak biasa, dilakukan di Maleo Hotel & Convention, hotel terbaik di Sulawesi Barat saat ini dengan menu andalan gaya orang Italia "La Pizza". Mungkin wajar, kalau Kompa Dansa Mandar memberikan sajian yang terbaik dengan tamu yang juga "tidak biasa". Lokasi gathering tampaknya di variasikan mulai dari yang kelasnya kaki lima di Pantai Manakarra, hingga hotel berbintang di Maleo.

Tidak pernah terlewatkan momen terpenting dalam suatu gathering adalah sesi "dokumentasi" dengan fotografer andalan yang paling tampan dan gagah,  dan secara unik, kostumnya serasi dengan desain interior "Lepa-Lepa".

fotografer kompa dansa mandar mamuju

Dibalik kamera ada sang fotografer (Foto : Muhammad Ridwan Alimuddin)

Apakah ada persetujuan sebelumnya? sepertinya ada "dress code" merah yang disepakati, menyatu dengan warna ruangan Hotel Maleo. Setidaknya ada 4 member yang memakai kostum berwarna merah semalam.

kompa dansa mandar hotel maleo mamuju

Kostum merah di restoran Lepa-Lepa hotel Maleo Mamuju (Foto : Muhammad Ridwan Alimuddin)

Ada satu yang menarik dari gathering kali ini yaitu Kompa Dansa Mandar Mamuju kedatangan admin Couch Surfer wilayah Bandung (mas Erick Ady Novendra, bersama sang istri mba Lili Adelina Yolanda yang sedang mengandung). Kalau kata Ridwan Alimuddin, ini pertemuan yang akan diberkahi dan penuh rezeki, mengapa? karena dalam kebudayaan Mandar ada "ussul" bahwa dimanapun tempat yang dihadiri oleh ibu yang sedang mengandung maka akan diberi keberkahan dan rezeki melimpah didalamnya.

member kompa dansa mandar mamuju

Kompa Dansa Mandar Mamuju bersama Erick Ady Novendra dan Lili Adelina Yolanda (Foto : Fahmira Ahmad)

Tidak lengkap kemudian Kompa Dansa Mandar Mamuju tanpa kehadiran sang pimpinan, penggagas pertemuan dengan Ridwan Alimuddin, seorang traveller sejati dari pegunungan hingga lautan.

maraqdia kompa dansa mandar mamuju

Sang pimpinan Kompa Dansa Mandar Mamuju (Foto : Muhammad Ridwan Alimuddin)

Dan seperti biasanya tidak kemudian lengkap gathering tanpa bicara soal budaya dan wisata Mandar Sulawesi Barat, di waktu yang tepat bertemu dengan seorang Ridwan Alimuddin yang juga seorang petualang sejati, maka kemudian terselip dan lahir agenda trip yang akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 Februari bulan depan dengan tema belajar cara snorkeling yang tepat di salah satu titik terumbu karang di Mamuju, tentu saja dengan arahan seorang Ridwan Alimuddin yang juga kental dengan dunia laut, snorkeling dan dunia selam.

kompa dansa mandar mamuju ridwan alimuddin

Kompa Dansa Mandar bersama Ridwan Alimuddin (Foto : Fahmira Ahmad)

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018