Online 57 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Kopi Darat (KOPDAR) Member Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) Wilayah Makassar

Kopi Darat (KOPDAR) Member Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar (KOMPA DANSA MANDAR) Wilayah Makassar Cetak
oleh Hasbi   
Rabu, 29 Januari 2014 07:46 | Tampil : 1020 kali.

Kompa Dansa Mandar Makassar Selasa (28/01/2014) mengadakan kopi darat (KOPDAR) sebutan bagi komunitas online yang bertemu di dunia nyata.  Tepat setelah waktu ashar kami berkumpul di salah satu rumah di Jl. Manuruki II (lokasi adalah rumah kos member KOMPA DANSA yang berdomisili di Makassar). Setidaknya terdapat 7 orang member yang hadir dan bertemu dalam kegiatan kopdar yang cukup sederhana dengan menu utama pisang goreng "Loka Janno" .

Ini kopi darat pertama kali kami di wilayah Makassar, walaupun sebelumnya telah ada trip sekali ke Air Terjun Parang Loe di Kab. Gowa, namun trip tersebut hanyalah dihadiri sekitar 4 orang member, masa itu memang member masih sedikit, namun seiring waktu Komunitas ini perlahan menemukan beberapa member asal daerah Mandar yang bermukim di Makassar dan memiliki inisiatif untuk bertemu.

Seperti biasa awal perkenalan kami hanyalah di grup facebook Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar. Secara pribadi ada beberapa teman-teman di makassar yang tergabung dalam grup ini dan kami belum pernah sama sekali bertatapan muka. Ternyata, setelah bertemu keramahan, kemriahan, dan kegembiraan itu bukan hanya di dunia maya saja, tetapi pada pertemuan pertama itu rasanya sama. Rasa kekeluargaan yang sangat luar biasa, seolah-olah kami pernah bertemu 5 tahun sebelumnya. Aura grup kompa dansa mandar memang sangat membawa dampak positif pada pertemuan itu.

loka janno kompa dansa mandar makassar

Kopi darat dengan menu "loka janno" dan buku-buku tentang Mandar (Foto : Hasbi)

member kompa dansa mandar makassar

Kopi darat dengan member Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar Makassar (Foto : Hasbi)

kopdar kompa dansa mandar wilayah makassar

Kopi darat member Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar Makassar (Foto : Hasbi)

Selain acara kopdar semalam dengan menu "Loka Janno" lahir rencana dan diskusi untuk persiapan acara “Makkuliwa“ di Anjungan Mandar - Pantai Losari Makassar. Dengan tujuan sebagai rasa syukur kami sebagai generasi muda Mandar kepada pemerintah kota Makassar yang membuat tugu itu, namun ini hanyalah cara sederhana kami, bukan acara besar-besaran yang butuh sambutan khusus dari pemerintah.

Suasana yang sangat menggembirakan sangat tercipta semalam meskipun hanya dengan menu seadanya dan tempat yang sederhana pula, dengan pisang kepok yang digoreng dengan minyak khas Mandar. Mengapa kami memilih menu "Loka Janno" ? Salah satu menu gorengan ini begitu dekat dengan kampung kami tercinta yaitu Mandar, Sulawesi Barat. Banyak teman-teman Mandar yang mungkin sudah lama bermukim di Makassar dan tidak pulang-pulang (mirip nasibnya dengan Bang Toyyib) itu setidaknya bisa melepas rindu dengan menu pisang goreng dengan minyak gurih dari kelapa asli dari tanah kelahiran kami.


Penulis :

hasbiHasbi, saat ini menetap di Makassar, Sulawesi Selatan, hobi travelling,membaca buku. Alumni SMU Neg Tinambung, dan  saat ini masih berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Fakultas MIPA Jurusan Biologi Universitas Sulawesi Barat juga sebagai ketua Maperwa FMIPA UNSULBAR. 

Kontak Saya :
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018