Online 46 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Jejak Kompa Dansa Mandar Di Vihara Bukit Naga Mamuju

Jejak Kompa Dansa Mandar Di Vihara Bukit Naga Mamuju Cetak
oleh Administrator   
Senin, 03 Februari 2014 11:39 | Tampil : 1387 kali.

Vihara Bukit Naga Mamuju, adalah salah satu bangunan ibadah agama Budha yang dibangun di daerah ketinggian Mamuju. Dari lokasi vihara ini anda dapat melihat keindahan kota Mamuju, laut, hingga pulau Karampuang. Bangunan ibadah yang masih tergolong baru ini memiliki desain khas budaya yang mengadopsi cerita naga dalam arsitektur eksteriornya. Tampak dari luar vihara ini sangat menarik dengan replika naga yang mengeliling tiang di depan pintu utama. Warnanya yang memasukkan elemen “merah” dalam bangunan membuat karakter budaya Tionghoa tampak semakin kuat.

Vihara seperti yang diketahui merupakan bangunan ibadah untuk mereka yang menganut agama Budha, tempat tinggal untuk para Bhikkhu (pria) atau Bhikkhuni (wanita) dan tempat bagi umat Budha untuk melaksanakan upacara atau kebaktian kegamaan.

Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar dalam perjalanan menuju Permandian Alam Kali Mamuju (01/02/2014) menyempatkan masuk dan mengabadikan potret vihara ini. Namun karena tak bertemu pihak pengelola, kami tak bisa menggali informasi lebih banyak  tentang bangunan menarik ini.

kompa dansa mandar mamuju vihara bukit naga mamuju

Kompa Dansa Mandar berfoto di dekat pintu utama Vihara Bukit Naga Mamuju (Foto : Fahmira Ahmad)

Tidak jauh dari vihara ini ada bangunan serupa candi mirip dengan bangunan Pura yang biasa ditemui di pulau Bali, kamipun sempat mengabadikan bentuk menarik replika Pura ini. Tingginya sekitar  delapan hingga sembilan meter dengan bentuk bangunan yang semakin ke atas semakin mengecil. Dengan bentuk ukiran yang mengadopsi bentuk-bentuk arca ini bisa jadi spot yang menarik untuk tujua wisata.

pura vihara bukit naga mamuju

Kompa Dansa Mandar berfoto di salah satu bagian bangunan Pura (Foto : Fahmira Ahmad)

Saat ini bahkan tempat-tempat ibadah pun dengan bentuk arsitektur yang menarik dapat menjadi alternatif untuk kunjungan wisata, tidak kemudian melulu hanya berkutat pada wisata alam seperti pantai, gunung, ataupun pulau. Semakin beragam potret budaya yang direkam maka pesona wisata akan semakin terasa nikmatnya.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018