Online 54 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan KDM Mamuju Menjawab Panggilan Dari Tanjung Losa

KDM Mamuju Menjawab Panggilan Dari Tanjung Losa Cetak
oleh Hijranah   
Rabu, 07 Januari 2015 09:32 | Tampil : 1830 kali.

Tanjung Losa adalah salah satu destinasi wisata indah di Kabupaten Mamuju yang belum banyak di kunjungi. selain karena kurangnya fasilitas, promosi serta akses jalan pun kurang mendukung. ditambah lagi cerita-cerita mitos nan angker yang sering di ucapkan oleh penduduk lokal sehingga mengurangi minat sebagian besar orang untuk berkunjung di tempat ini.

kdm mamuju di pantai batu losa tanjung losa mamuju

KDM Mamuju berfoto bersama di Tanjung Losa atau Batu Losa, Mamuju (Foto : Hijranah)

rute menuju pantai batu losa mamuju

Jalan menuju pantai Batu losa, Kab. Mamuju, Sulawesi Barat (Foto : Hijranah)

kdm mamuju menuju tanjung losa mamuju

KDM Wil. Mamuju saat menuju Tanjung Losa (Foto : Hijranah)

Tanjung Losa berada paling ujung Kecamatan Simboro berbatasan dengan Tanjung Ngalo Tappalang Barat. perjalanan dapat di tempuh melalui jalur laut maupun darat. dengan jalur laut anda dapat menyewa kapal yang tersedia di pelabuhan di kota Mamuju dengan perkiraan dana sekitar Rp.700.000,- pulang dan pergi. dengan jalur darat, dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. dengan jarak tempuh kurang lebih 20km, dengan rute jalan yang lumayan mulus sekitar 15 km pertama dan selebihnya masih dengan jalan pengerasan dengan lika-liku serta tanjakan dan penurunan yang lumayan menguras adrenalin. walaupun demikian, di sepanjang perjalanan anda akan disuguhi panorama laut yang dipagari barisan pohon bakau di sebelah kanan, serta bukit-bukit cantik di sebelah kiri.

jalur menuju tanjung losa mamuju sulbar

Jalur menuju Tanjung losa dengan bakau di sisi kanan dan bukit di sisi kiri (Foto : Hijranah)

pantai batu losa mamuju sulbar

Pantai Tanjung Losa, Mamuju, Sulawesi Barat (Foto : Hijranah)

teluk dalam di tanjung losa

Pemandangan teluk di sekitar Tanjung Losa, Mamuju, Sulbar (Foto : Hijranah)

Menikmati keindahan Tanjung Losa tidak akan lengkap tanpa menyempatkan diri untuk bermain air (sekedar berenag di tepi pantai, snorkling, dan Diving). khusus untuk Snorkling dan Diving anda harus rela membawa peralatan sendiri. selain itu anda pun membutuhkan keberanian ekstra, karena perairan di sekitar Tanjung Losa ini dikenal dengan arus bawah lautnya yang cukup keras, sehingga tidak disarankan untuk berdiving dan snorkling sendirian di tempat ini, terutama untuk pemula ataupun amatiran. harus ada minimal 1 orang profesional yang mendampingi. Arus bawah laut yang deras inilah yang sering dikaitkan oleh warga sekitar dengan cerita-cerita angker yang berkembang dari jaman dahulu kala di Tanjung Ngalo dan sekitarnya. sehingga saat Kompa Dansa Wilayah Mamuju berencana ke tempat ini mengadakan trip, kami di mendapat banyak saran dan cerita mengenai hal-hal aneh yang kadang terjadi.


Penulis :

hijranahHijranah, lahir dan besar di kab. Polewali Mandar, saat ini menetap di Mamuju, Sulawesi Barat, menggemari travelling, fotografi, dan wisata bahari. 

Kontak Saya :

 

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018