Online 33 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Komunitas Kegiatan Ekspedisi Air Terjun Kadinginan Bagian 3 Segarnya Air Terjun Kadinginan

Ekspedisi Air Terjun Kadinginan Bagian 3 Segarnya Air Terjun Kadinginan Cetak
oleh Muhammad Putra Ardiansyah   
Sabtu, 03 September 2016 11:54 | Tampil : 620 kali.

Air terjun berjarak sekitar 30 meter dari lokasi tenda, kami semua bergegas turun untuk mengambil gambar di air terjun. Betul saja pemandangannya sangat indah, si Kheq mengeluarkan kamera dan tripod andalannya untuk segera menjepret dari berbagai sudut sementara yang lainnya sibuk dengan kameranya masing masing, tak terkecuali aku yang minta dijepret oleh Abrar.

air-terjun-kadinginan-kaleok-binuang-polman

Air Terjun Kadinginan yang terletak di desa Kaleok, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Dengan kembali mengambil gaya khasku ketika berada di destinasi wisata yang baru kukunjungi, apalagi kalau bukan berdiri dengan kedua tangan dan kaki lurus ke atas, agak sulit mempraktekkan gayanya, apalagi aku melakukannya di atas pohon kayu tumbang yang miring, lebarnya hanya sekitar 50cm dengan berbagai ornamen lumut dan rerumputan hijau yang sewaktu-waktu bisa menjatuhkanku dari ketinggian 4 meter.

kayu-tumbang-air-terjun-kadinginan

Bagian kayu yang tumbang menambah keelokan Air Terjun Kadinginan (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

head-standing-di-air-terjun-kadinginan-binuang

Penulis saat melakukan head standing di air terjun Kadinginan, Binuang (Foto : Muhammad Abrar)

Kadinginan sendiri adalah bahasa Pattae’ yang artinya “Dingin” jika diartikan  "dingin dinginan", air terjun ini sebenarnya sudah lama ditemukan oleh warga sekitar karena memang lokasinya berada di antara perkebunan warga yang berada di tengah hutan. Ketinggiannya lumayan, kutaksir sekitar 25 meter, airnya tidak jatuh di kolam seperti kebanyakan air terjun lainnya, benjolan batu besar yang menyatu dengan lantailah yang menjadi titik akhir jatuhnya air dari atas, kelihatannya seperti tempat duduk orang yang sedang bertapa di bawah air terjun, atau jangan-jangan memang tempat ini dulunya adalah tempat bertapa orang-orang berilmu tinggi? Pikiranku mulai mengkhayalkan sesuatu yang seperti kulihat di film-film pendekar tempo dulu. Air jatuh dari sinilah yang mengalir ke bawah, dan di bawah sanalah airnya tertampung, di sebuah kolam seluas 3x5 meter yang menjadi lantai pertama dari air terjun ini. Sayangnya saat ini adalah peralihan musim, jadi airnya tidak melimpah alias hanya sedikit, jadilah kolamnya tidak banyak menampung air.

pose-air-terjun-kadinginan

Berpose dengan kawan-kawan peserta ekspedisi Air Terjun Kadinginan
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

foto-di-air-terjun-kadinginan

Berpose dengan kawan-kawan peserta ekspedisi Air Terjun Kadinginan
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

potret-di-air-terjun-kadinginan

Berpose dengan kawan-kawan peserta ekspedisi Air Terjun Kadinginan
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

foto-foto-air-terjun-kadinginan

Berpose dengan kawan-kawan peserta ekspedisi Air Terjun Kadinginan
(Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Hanya Yudi yang merasakan sensasi dan dinginnya air terjun pagi ini, hanya dia yang merasakan langsung asiknya duduk seolah sedang bertapa di atas batu sana. Entah kami yang lagi tidak mood mandi atau memang pagi ini yang terlalu dingin.

yudi-di-air-terjun-kadinginan-binuang-polman

Si Yudi yang sedang menikmati mandi pagi di Air Terjun Kadinginan, desa Kaleok, kec. Binuang, kab. Polman (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Setelah Kheq puas mengambil gambar Air terjunnya, saatnya dia menjepret kami-kami yang sedari tadi ingin di foto oleh seorang fotografer kondang amatiran asal Katumbangan yang sekarang menetap di Polewali ini. Ada ratusan gambar dan kami sangat puas.


Penulis :

muhammad putra ardiansyahMuhammad Putra Ardiansyah, hobi travelling, fotografi, dan dunia bisnis. Alumni SMK Neg 1 Polewali 

Kontak Saya :
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018