Online 21 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Kuliner Bahan Kuliner Puso Mandar Yang Kaya Nutrisi dan Serat

Bahan Kuliner Puso Mandar Yang Kaya Nutrisi dan Serat Cetak
oleh Administrator   
Minggu, 29 Desember 2013 08:20 | Tampil : 1219 kali.

Orang-orang di suku Mandar menyebutnya dengan nama Puso, alias jantung pisang, atau bunga pisang. Letaknya yang ada di ujung pisang dengan lapisan yang selalu terbuka dengan bagian dalamnya yang akan menjadi buah pisang baru nantinya. Ia kadang disepelekan dan dibuang karena dianggap mengganngu pertumbuhan pisang, namun dibalik itu ia memilki khasiat nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Di daerah Mandar bahan pangan ini dijadikan sebagai bahan untuk sayur dalam hidangan diatas meja, disajikan dan dicampurkan dengan santan. Puso menjadi alternatif  bahan makanan yang mudah ditemukan dengan harga yang tidak mahal dan tentu saja rasanya yang gurih dan nikmat menjadi pertimbangan tersendiri.

bahan kuliner puso mandar

Puso Mandar dari jenis loka manurung (pisang kepok)

Tidak semua jenis puso cocok digunakan untuk bahan sayur, ada jenis puso yang pahit dijadikan bahan sayur, yaitu jenis puso dari pisang ambon, warga lokal di Mandar menyebutnya “loka tiraq”. Puso dari jenis pisang ini memiliki kandungan tannin yang tinggi, ini yang membuatnya menjadi terasa lebih pahit. Jenis puso yang baik digunakan untuk bahan sayur yaitu dari jenis pisang kapok atau biasa disebut “loka manurung”. Loka manurung atau pisang kapok memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari kandungan tannin nya sehingga rasa gurih dan nikmatnya menonjol dibandingkan dengan rasa pahitnya, singkatnya rasa pahitnya menjadi minim.

Untuk mendapatkan Puso di wilayah Mandar dan Sulawesi Barat mungkin tergolong susah-susah gampang, ada banyak pasar tradisional yang bisa anda kunjungi. Kadang kita temukan puso dijajakan diantara jejeran sayuran lainnya, tetapi di lain waktu ia sulit ditemukan. Beruntung jika anda tinggal di daerah yang banyak memiliki kebun pisang, maka puso cukup mudah ditemukan, namun topografi daerah Mandar (Sulawesi Barat) secara umum tampaknya mendukung untuk pertumbuhan tanaman pisang. Ketika buah pisang telah muncul maka ujung bunga pisang atau disebut puso (jantung pisang) biasanya dipotong agar tidak menghambat pertumbuhan pisang, ia dianggap sebagai limbah yang murah.

puso loka manurung mandar

Loka manurung (pisang kepok) yang telah dipotong "puso" nya

Manfaat Puso (Jantung Pisang)

Sebenarnya puso adalah bahan kuliner yang murah dengan kandungan nutrisi yang kaya, diketahui bahwa bahan makanan ini memiliki flavonoid¸suatu elemen yang berfungsi sebagai anti radikal bebas, anti kanker, serta anti penuaan, ia juga mengandung yodium yang dapat mencegah penyakit gondok. Bahan makanan alami ini sangat mudah ditemukan di daerah-daerah di Mandar, seperti yang diketahui Sulawesi Barat kaya dengan komoditas buah pisang, tentu saja daerah ini banyak memiliki jantung pisang. Ini dapat menjadi bahan pangan alternative untuk dikonsumsi.

puso mandar

Puso (jantung pisang) yang kaya akan gizi dan serat

Selain itu puso juga memiliki kandungan gizi seperti protein, mineral (fosfor, kalsium dan zat besi), kasium, vitamin (vitamin A, vitamin B1, vitamin C) dan kandungan serat yang cukup tinggi, jika seseorang mengonsumsi puso maka ia akan lebih lama membuat kenyang dibandingkan dengan nasi dan makanan lainnya dengan khasiat yang sangat positif untuk mereka yang sedang diet rendah lemak.  Bahan makanan ini juga diketahui memiliki kandungan Indeks Glikemik yang cukup rendah sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit kencing manis atau diabetes mellitus dengan kadar gula darah yang berada dalam batas aman dan terkontrol, pilihan bahan pangan yang murah, mudah ditemukan dan bergizi.

Puso juga memiliki kandungan saponin, yang berfungsi menurunkan tingkat kolesterol serta meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya kanker.

Jenis-Jenis Olahan Puso

Ada banyak jenis olahan puso yang bisa anda nikmati, selain dijadikan bahan untuk sayuran dalam lauk pauk, puso juga bisa dibakar. Jika sudah matang maka bukalah bagian dalamnya hingga lapisan merahnya terbuka seluruhnya dan potong-potong.

Puso bisa direbus,bisa juga dimakan sebagai lalapan. Kalau anda suka dibuat untuk campuran pecel (kuliner orang-orang Jawa) maka puso juga merupakan pilihan yang tepat, atau dibuat untuk urap, selain itu bisa juga ditumis.

Salah satu olahan puso yang juga cukup lezat dan nikmat adalah ia bisa dicampurkan dengan daun singkong dan bunga pepaya. Rebus semua bahan utama (daun singkong, bunga pepaya, dan puso) pastikan untuk merebus bunga pepayanya maksimal, jangan sampai hancur, setelah itu siapkan bumbu-bumbunya seperti garam, kemiri, cabe, cabe rawit, bawang putih, bawang merah, dan sedikit kunyit. Hidangan kuliner ini juga lebih nikmat jika disandingkan dengan buah singkong rebus. Orang-orang Mandar juga biasa menjadikan puso sebagai bahan ntuk "lawar".

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017