Online 51 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Kuliner Cari Tahu Resep Tetuq, Kue Perahu Di Mandar

Cari Tahu Resep Tetuq, Kue Perahu Di Mandar Cetak
oleh Administrator   
Sabtu, 01 Maret 2014 21:32 | Tampil : 5236 kali.

Tetuq, adalah nama yang disematkan orang-orang di Sulawesi Barat pada penganan yang terbuat dari campuran bahan santan dan gula aren yang kemudian dibungkus dengan daun pandan wangi. Orang awam di Indonesia mungkin mengenalnya dengan sebutan "kue perahu". Penyebutan kue perahu secara umum diberikan karena kemasan kue ini yang terbuat dari daun pandan yang dibuat dengan bentuk kotak dan diberi paper klip untuk merekatkan bagian tepinya mirip dengan bentuk "perahu". Kue yang sangat tepat disantap saat waktu berbuka puasa ataupun pada momen-momen makan lainnya.

resep kue tetuq ala mandar

Kue Tetuq ala Mandar atau biasa disebut "Kue Perahu"

Kue Tetuq akan sangat mudah kita temukan di daerah Mandar Sulawesi Barat terutama pada saat bulan puasa digelar. Puluhan penjual kue jenis ini berjejer menjajakan santapan yang unik ini. Jika bulan puasa telah usai maka seolah-olah kuliner ini tak ada lagi, cukup jarang ditemukan, dan hanya ada ketika telah ada proses permintaan "request" untuk dibuat. Mungkin karena merupakan jenis kue yang tidak bisa bertahan lama (karena memiliki kandungan santan kelapa) dan cepat basi maka kemudian kue ini tidak banyak dibuat untuk dijajakan. Berbeda dengan kue khas Mandar lainnya seperti Golla Kambu ataupun Kasippiq.

Jika melihat toko atau kedai yang menjajakan kue ini di luar bulan puasa maka cukup jarang menemukannya, entah apa sebabnya, apakah tak ada penikmat "tetuq" diluar bulan istimewa orang-orang Muslim ini? atau apakah "tetuq" sudah terlalu melekat dengan hidangan berbuka? satu hal yang pasti bahwa kuliner ini sangat lezat dengan paduan rasa gula aren, pandan wangi dan rasa santan yang sedikit asin.

Lalu bagaimana sebenarnya cara membuat kue Tetuq atau kue perahu ini? seperti dikutip dari salah satu resep cara membuat kue tetuq dari member Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, berikut ini adalah resep rincinya :

Bahan - Bahan :
- Tepung beras yang diayak halus
- Santan kental
- Gula pasir/merah
- Daun pandan

Cara Memasak:
1. Peras santan dua kali (sisihkan yang kental).
2. Buat adonan cair dengan campuran tepung beras dan santan.
3. Daun pandan dijemur dan potong dengan ukuran12 cm. semat kedua ujungnya dengan lidi (atau dengan paper klip jika ingin praktis)
4. Siapkan kukusan. Masukkan cetakan daun pandan yang telah diisi gula merah/pasir.
5. Tuangkan adonan, dan jika telah matang, beri santan kental.
6. Setelah matang, angkat satu persatu

Jika anda menggunakan gula pasir atau gula aren maka perbedaan rasa yang hadir akan sangat kontras, disarankan untuk menggunakan gula merah (aren) sebagai pembeda rasa yang jelas. Rasa santan yang dimiliki oleh kue tetuq di permukaannya membuatnya menjadi lebih gurih, jika anda ingin lebih lezat maka anda dapat sedikit menambahkan garam untuk membuatnya menjadi lebih sedikit berasa asin. Aroma pandan wanginya juga menambah cita rasa penganan ini. Pun jika anda menyantap kuliner ini maka satu buah kue perahu tidaklah cukup, anda akan menyantap minimal tiga hingga lima buah dengan alasan "ketagihan".

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017