Online 18 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Kuliner Talloq Panynyu Dan Kenangan Masa Kecilku Di Mandar

Talloq Panynyu Dan Kenangan Masa Kecilku Di Mandar Cetak
oleh Lila Faisal Sahil   
Selasa, 15 April 2014 18:11 | Tampil : 1256 kali.

Mengenang masa kecil di tanah kelahiran penuh dengan rasa sentimen. Ada keceriaan yang muncul, ketidakberdayaan, kepolosan khas anak-anak, petualangan anak usia SD yang serba ingin tahu dan menikmati apa saja yang ada di hadapan terutama untuk hal kudapan dan cemilan tradisional.

Ada satu waktu ketika saya pulang mengaji di rumah tante, kami menyebutnya puang Daeng, nama sebenarnya adalah "Syarifah Berlian", di bawah tangga (rumah-rumah di Mandar mayoritas rumah panggung) ada tamu nelayan membawa nampan tertutup berisi kue dengan bentuk bulat, karena penasaran maka saya pun naik ke atas rumah dan mengekor tamu tadi dari belakang dengan harapan pasti saya akan mencicipi hantaran ini nantinya di dapur. Ya, saya memang selalu beroleh kuliner ini, makanya paling ingat dengan makanan ini.

duplikasi kuliner talloq panynyu

Duplikasi kuliner Talloq Panynyu (Foto : Lila Faisal Sahil)

Merupakan suatu tradisi yang berlaku di daerah kami, biasanya jika ingin melaut maka nelayan akan datang kerumah keluarga Habib untuk minta di doakan agar selamat dan membawa hasil tangkapan ikan yang meruah.

Jika di lihat dari jepretan foto saya, kali ini adalah duplikasi dari apa yang terkenang akan penganan bulat ini. Bentuknya  yang bulat dengan lumuran tepung halus berwarna putih selalu saja menggugah selera makan, serasa ingin segera mencicipinya. Rasa gula merahnya memang tak ada duanya, apalagi gula yang ada didalamnya adalah gula yang asli dibuat dari olahan nira, bukan gula dengan tambahan pemanis pabrikan yang banyak ditemukan saat ini.

kuliner talloq panynyu mandar

Kuliner Talloq Panynyu Mandar (Foto : Lila Faisal Sahil)

Sebenarnya banyak sebutan untuk kue ini di beberapa daerah. Tetapi khususnya untuk daerah saya di Mandar ukurannya sedikit lebih besar dan ketika saya yang masih kanak kanak waktu itu akan membuka mulut dengan lebar, agar si putih ini bisa saya makan. Ukurannya memang besar untuk, karena jika dibandingkan dengan onde-onde yang ukurannya kecil, maka itu enteng saja untuk dilahap, cukup membuka mulut dengan sedikit saja maka sebutir onde-onde sudah masuk, tetapi lain halnya dengan si putih ini, butuh persiapan khusus untuk memakannya.

Ukurannya sebesar bola pingpong kadang lebih besar sedikit dan ketika di gigit maka luapan gulanya akan keluar, bahannya terdiri dari tepung ketan ,tepung beras, gula merah, kami populer menyebutnya dengan nama "Talloq Panynyu" yang jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya "Telur Penyu".


Penulis :

lila faisalLila Faisal Sahil, berasal dari Polewali Mandar, Sulawesi Barat, besar di kota Makassar, dan saat ini bermukim di Jakarta. Menggemari dunia kuliner dan budaya Mandar

Kontak Saya :

Facebook : https://www.facebook.com/viokasherman.sahil

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017