Online 25 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Kuliner Berburu Jepa Mandar Di Kota Mamuju, Sulawesi Barat

Berburu Jepa Mandar Di Kota Mamuju, Sulawesi Barat Cetak
oleh Fahmira Ahmad   
Kamis, 04 September 2014 18:55 | Tampil : 2098 kali.

Hari itu saya bersemangat sekali, menelusuri makanan traditional khas Mandar yang ada di kota Mamuju khususnya untuk makanan yang biasa disebut jepa, ini efek setelah saya mencicipi Jepa Gollai (salah satu varian jepa yang sangat lezat karena diberi campuran gula aren di dalamnya) Karena beberapa teman yang bertanya tentang Jepa Gollai maka saya pun berinisiatif untuk terjun langsung menelusuri bagaimna sebenarnya jepa ini dibuat dan dijajakan.

Pilihan menelusuri jepa di kota Mamuju kemudian saya jatuhkan pada penjual jepa tempat favorit saya. Hari itu saya membeli dua varian jepa, jepa rasa original dan jepa gollai,selain memberi jepa saya tak lupa mendokumentasi beberapa foto untuk makanan tradisional yang menjadi kuliner khas Mandar ini, selain itu saya menyempatkan waktu sebentar untuk melihat langsung proses pembuatan jepa gollai dan sedikit waktu untuk mengobrol dengan sang penjual jepa.

Kedai Jepa ini dikelola oleh seorang bapak yang biasa disebut Papaq anto, di bantu istrinya yang disapa mama imma, mereka adalah pendatang dari kota Majene (Somba), mereka hijrah dan mencoba peruntungan dengan menjual Jepa, selama 3 tahun  terakhir mereka mulai memulai usahanya menjajakan jepa, bila ingin berkunjung atau membeli jepa buatan mereka, anda bisa langsung menuju ke Jl. Abd Wahab Azis, tak jauh dari toko oleh-oleh khas Mandar kab. Mamuju,  didepan rumah mereka tertulis jelas ''Jepa Mandar''.

papaq anto membuat jepa dibantu istrinya mama imma

Papaq Anto  sedang membuat jepa dibantu istrinya yang menyiapkan gula aren
(Foto : Fahmira Ahmad)

bahan jepa mandar

Bahan pembuat Jepa Mandar (Foto : Fahmira Ahmad)

papaq anto sedang membuat jepa mandar

Papaq anto sedang membuat jepa (Foto : Fahmira Ahmad)

proses membuat jepa mandar

Proses penaburan gula aren pada jepa (Foto : Fahmira Ahmad)

jepa mandar

 

Siap di santap, Jepa paling enak disantap dengan teh panas atau kopi (Foto : Fahmira Ahmad)

Jepa yang di jajakan oleh Papaq Anto dan Mama Imma ada beberapa macam varian,  ada rasa original 'singkong dicampurkan dengan kelapa'', jepa dengan gula aren, dan jepa sagu (jepa katong), rasanya gurih dan lebih enak disantap bila masih panas. Mereka mulai menjajakan Jepa mulai jam 07.00 pagi hingga jam 21.00 malam. Jika ingin menikmati jepa gollai, santaplah di waktu pagi hari dan diseduh dengan teh panas atau kkopi pekat (kopi puliq).


Penulis :

fahmira ahmadFahmira Ahmad, lahir dan dibesarkan di lingkungan pesisir pantai kab. Majene dan saat ini tinggal di kota Mamuju, Sulawesi Barat. Penggiat fotografi, pencinta laut, dan penggila travelling dan wisata. 

Kontak Saya

facebook :  https://www.facebook.com/czladyroot

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017