Online 18 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Opini Opini Bagaimana Mengoptimalkan Objek Wisata Di Mandar Sulawesi Barat

Opini Bagaimana Mengoptimalkan Objek Wisata Di Mandar Sulawesi Barat Cetak
oleh Ahmad Dimas   
Minggu, 24 November 2013 19:41 | Tampil : 1243 kali.

Butiran pasir pantai Lapeo selalu mengundang untuk didatangi, ini adalah salah satu objek wisata yang potensial untuk dikelola dan ditata dengan apik. Dan peran pemerintah Kabupaten serta Provinsi (Sulawesi Barat) hari ini sangat krusial peranannya. Potensi objek wisata ini akan lebih indah jika pemerintah betul-betul ingin menata tempat tersebut dengan mendatangkan tenaga ahli dalam penataan tempat wisata, karena jika pemerintah hanya mengandalkan masyarakat yang ada didekat tempat obyek wisata tersebut untuk menata, maka yakin usahanya tidak akan pernah optimal.

mengoptimalkan pesisir pantai lapeo campalagian

Objek pesisir pantai Lapeo kecamatan Campalagian kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat
(Foto  : Ahmad Dimas
)

Mengapa kemudian saya berpendapat demikian?, karena masyakat tidak cukup paham akan penataan dan pengelolaan tempat wisata yang baik dewasa ini. Untuk objek wisata daerah kita (Polewali Mandar, Sulawesi Barat) tidak kalah dengan tempat wisata dari daerah lain yang tidak pernah sunyi dari wisatawan asing dari mancanegara. Apa efek yang dipastikan kelak?  Masyarakat akan terbantu dalam hal perekonomian, kita mencontoh di Pulau Bali dan tempat-tempat lain yang ada di Indonesia yang sudah melakukan penataan tempat-tempat wisata dan tempat kebudayaannya, masyarakatnya dapat menjadikan tempat tersebut untuk menjadi tempat mengais rezeki.

Jika pemerintah kabupaten Polewali Mandar khususnya Sulawesi Barat dapat melakukan hal tersebut sudah dapat dipastikan bahwa pemerintah sudah mengurangi angka pengangguran disebabkan adanya lapangan kerja yang dapat diisi oleh masyarakat untuk mencari rezeki ditempat tersebut. Bayangkan saja ada berapa tempat atau lokasi yang dapat dijadikan tempat wisata di Sulawesi Barat? jika kita berpikir secara logis, satu tempat wisata yang sudah maksimal penataannya dan sudah dapat bersaing dengan tempat lain seperti di Bali yang tak pernah sunyi akan wisatawan, itu dapat menghidupi masyarakat yang membuka usaha disana sekitar ribuan orang dan akan berdampak ke pemasukan APBD yang meningkat dan hasil APBD tersebut dapat lagi dikelola untuk membuka lapangan kerja lainnya asalkan APBD tersebut tidak disalah gunakan. Ini opini saya untuk meningkatkan perekonomian dan mengoptimalkan tempat wisata dan budaya di Sulawesi Barat khususnya dalam daerah Mandar.


Penulis :

ahmad dimasAhmad Dimas, saat ini menetap di kec. Matakali Kab. Polewali Mandar, menggemari budaya dan seni Mandar, pencinta travelling, aktif di organisasi KOST PETA, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI DDI) Polewali Mandar sebagai ketua, juga aktif dalam kegiatan pemuda di tingkat lokal dan nasional.

Kontak :

facebook : https://www.facebook.com/ahmad.dimas.5

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018