Online 11 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Opini Film, Alat Ampuh Promosi Wisata Sulawesi Barat

Film, Alat Ampuh Promosi Wisata Sulawesi Barat Cetak
oleh Muhammad Putra Ardiansyah   
Selasa, 23 Desember 2014 19:15 | Tampil : 1166 kali.

Lihat bagaimana Belitung menjadi sebuah objek kunjungan wisatawan ketika film Laskar Pelangi memilih tempat tersebut menjadi lokasi syutingnya. Ingat dengan 5cm? Sebuah film yg mengambil latar di gunung Bromo dan gunung Mahameru, setelah itu wisatawan lokal semakin ramai mengunjunginya hanya karena ada kebanggaan tersendiri ketika berada di lokasi syuting film 5 cm tersebut.

Atau mungkin dengan Eat, Pray, Love, sebuah film yang booming karena dibintangi oleh Julia Roberts. Bukan hanya itu, film ini termasuk film favorit karena jalan cerita dan pesannya yang bagus dan mengesankan, dan lagi-lagi setelah itu wisatawan mancanegara semakin banyak mengunjungi Pulau Bali,  yang dikenal dengan sebutan Surga ke 2 itu.

Ini membuktikan bahwa peran sebuah film ketika mengambil background wisata maka akan meningkatkan daya jual lokasi wisata itu sendiri. lalu apakah ada yg bisa melobi sutradara lokal untuk syuting film dilokasi wisata Sulawesi Barat? Dan saya sangat yakin, setelah itu terjadi, maka Anda akan melihat efek yang luar biasa.

film cinna cinnamu cinnau

Film Cinna, salah satu film lokal yang pernah diciptakan di Sulawesi Barat

Saya melihat bagaimana Bali yang telah beberapa kali menjadi lokasi syuting dan pemotretan bintang-bintang dunia menjadi sebuah langganan tetap film FTV alay yang menceritakan cinta yg mungkin tak pernah ada di dunia nyata. Film merupakan daya promosi yg sangat luar biasa . Kita dapat membayangkan ketika salah satu objek wisata Sulawesi Barat mengalami hal yg sama.

Menurut penuturan seorang rekan di Komunitas Penggiat Budaya Dan Wisata Mandar, Irwan Syamsir telah ada film yang bersetting di Sulawesi Barat diantaranya yaitu film Embun Pagi di Bumi Ayu, syuting di kec. Wonomulyo. Kab. Polman dengan casting Roy Marten, W.D Mochtar, dll. Namun itu telah lama sekitar tahun 1980-an.  Untuk cakupan lokal Sulawesi Barat telah lahir beberapa produk lokal film yang bertemakan budaya dan potret keseharian orang-orang Sulbar sendiri namun yang menelusur jauh ke promosi objek wisata tampaknya tak ada, sekiranya ada satu garapan film yang dibuat dengan (latar) salah satu objek wisata mungkin ini dapat lebih memperkenalkan objek wisata indah yang ada di Sulbar.


Penulis :

muhammad putra ardiansyahMuhammad Putra Ardiansyah, saat ini menetap di Makassar, Sulawesi Selatan, hobi travelling, fotografi, dan dunia bisnis. Alumni SMK Neg 1 Polewali yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Muslim Indonesia Makassar.

Kontak Saya :
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018