Online 69 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Sejarah Situs Makam Maraqdia Lego di kec. Balanipa kab. Polewali Mandar

Situs Makam Maraqdia Lego di kec. Balanipa kab. Polewali Mandar Cetak
oleh Muhammad Fadhil   
Selasa, 06 Januari 2015 09:44 | Tampil : 1972 kali.

Situs ini berada di atas bukit yang diapit oleh 2 desa di bawah kaki bukit, dari arah barat desa Lambanan dan dari arah timur desa Galung Lego. Letak pemakaman/ situs terdapat di puncak (bukit) Lego dengan view panorama desa Pambusuang dan sekitarnya yang akan anda lihat membentang dari Palippis sampai ke sungai Mandar di kecamatan Tinambung, dijamin mata anda akan di manjakan oleh pemandangan dari atas bukit ini.

Menurut cerita kawan saya yang juga berasal dari desa Lego tepat di arah bukit tempat makam ini, pada malam hari biasa terdengar seseorang yang melantunkan ayat suci al qur'an dan terdengar dari arah makam ini. Lalu siapa yang melantunkan ayat suci tersebut? cerita-cerita gaib dan magis memang biasa didengarkan dari makam-makam kuno di daerah Mandar, namun hal ini sebaiknya tidak mengurangi kunjungan ke pusat-pusat warisan sejarah dan budaya.

Ini foto lama saya, kami santri-santri Pambusuang biasa mengisi waktu libur dengan menambah pengetahuan  tentang alam pambusuang (mandar) lewat kegiatan mendaki gunung dan ziarah ke situs ini, ini sudah biasa kami lakukan, sebenarnya masih banyak spot spot trip bagus untuk di nikmati di Mandar. Dimulai dari desa Bala masuk ke arah pedalaman, sampai tembus ke desa Suruang di kec. Campalagian, saat itu di sepanjang jalan pemandu kami menunjukkan banyak situs (situs makam-makam kuno) beliau sempat bercerita mengenai makam kuno orang-orang Mandar yang di masukkan ke liang lahat beserta piring keramik kuno.

berfoto di depan situs makam tomakaka lego di kec. balanipa kab. Polewali Mandar

Berfoto di depan situs makam tomakaka lego di kec. balanipa kab. Polewali Mandar

situs makam tomakaka lego di kec. Balanipa, kab. Polewali Mandar

Situs makam Maraqdia Lego di kec. Balanipa, kab. Polewali Mandar (Foto : Muhammad Fadil)

Tomakaka adalah sebutan yang diberikan kepada para penguasa wilayah sebelum munculnya istilah Maraqdia (Raja) di wilayah Mandar, Sulawesi Barat. Diberikan gelaran Tomakaka dari kata "Kakaq" yang dituakan, dan berfungsi sebagai "kakak" serta dianggap mampu mengayomi suatu wilayah. Penyebutan Tomakaka kadang juga digantikan dengan istilah Maraqdia saat ini. Tomakaka merupakan istilah raja/penguasa  sebelum I Manyambungi atau Todilaling diangkat menjadi Raja Balanipa I.


Penulis :

Muhammad Fadil, lahir dan besar di desa Pambusuang, kec. Balanipa, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menggemaritopik dunia Islam, budaya, dan wisata.

Kontak Saya

facebook :https://www.facebook.com/namikaze.annuhiyah

 

Comments 

 
#1 2015-07-10 15:46
saya sangat bangga lahir ditanah mandar, dan makin bertambah setelah membaca artikel ini. ternyata MARA'DIA kami yaitu Dari LEGO masuk disebutin dalam artikel ini.
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017