Online 64 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Seni Seni Tari Mengenal Tie-Tie Art, Sanggar Tari Asal Campalagian Dengan Prestasi Nasional

Mengenal Tie-Tie Art, Sanggar Tari Asal Campalagian Dengan Prestasi Nasional Cetak
oleh Administrator   
Selasa, 03 September 2013 07:48 | Tampil : 2348 kali.

Dunia seni di tanah Mandar adalah satu dari sekian aspek budaya dan wisata Sulawesi Barat yang kemudian bisa diangkat untuk memperkenalkan aspek pengembangan budaya lebih menyeluruh. Salah satunya adalah dunia seni gerak, dalam hal ini tari-tarian, baik itu tari kreasi maupun tari tradisional.

Dunia tari Mandar sedikit banyak mulai menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan walau kemudian saat ini ada banyak ragam tari kreasi yang diciptakan namun tidak memasukkan unsur tradisional ke dalam tari tersebut, hingga tari kreasi daerah seolah kehilangan "semangat lokal" nya. Pendirian sanggar tari yang merupakan kelompok terkecil bentuk nyata usaha pelestarian budaya seni Mandar menjadi penting sifatnya, salah satu sanggar tari yang terbilang cukup baru di Kec. Campalagian adalah "Sanggar Tari Tie-Tie Art", sanggar berusia seumuran jagung dengan prestasi perdana yang menelurkan grup tari yang mampu menjuarai lomba tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional dan pentas di Taman Budaya Jambi.

sanggar tari tie tie art campalagian

Sanggar Tari Tie-Tie Art_Ca 417 Management Kec.Campalagian pada saat mengikuti kegiatan
Temu Karya Taman Budaya Tingkat Nasional di Prop. Jambi, Juni 2013 (Foto : Andi Idham Jasin)

Beberapa waktu yang lalu saat kelompok tari ini pentas di Jambi, dengan tarian berjudul "Tolumandaq Paqleo"mereka menunjukkan satu jenis tarian kreasi hasil ramuan beberapa unsur tradisonal yang telah dimodifikasi deng tambahan gerakan yang lebih modern, fleksibel dan atraktif, yang bercerita tentang kehidupan masyarakat lokal Mandar dengan latar belakang penebang dan pengolah sagu. Aktifitas yang mulai sulit ditemukan saat ini kembali diangkat ke permukaan untuk digambarkan pada pementasan tari.

tari tolumandaq paqleo campalagian

Tari Tolumanda Paqeoq yg menggambarkan kehidupan para penebang dan pengolah sagu dari Mandar
yang saat ini mulai langka (Foto : Andi Idham Jasin)

Walaupun masih terbilang sangaat muda usianya, sanggar tari yang didominasi oleh penari baru ini, ternyata mampu dengan eksis menunjukkan kemampuannya, setelah menjuarai lomba di tingkat kabupaten Polewali Mandar, lalu disusul keeanangan selanjutnya di tingkat Provinsi Sulawesi Barat dan mewakili pihak Pemprov dalam lomba tingkat Nasional di provinsi Jambi. Menurut salah satu penarinya Misma Anas, butuh perjuangan yang tidak mudah untuk akhir yang indah di Jambi, mulai dari pengumpulan dana untuk tari, biaya kostum, dengan personal kelompok tari yang belum punya pengalaman menari dalam jumlah yang banyak. Namun setelah dengan kesungguhan dan tekad yang kuat, berbuah manis dengan tampil di skala nasional.

tari tolumanda paleo jambi

Salah satu aksi sanggar tari Tie-Tie Art saat Temu Karya Taman Budaya Tingkat Nasional
di Prop. Jambi, Juni 2013 (Foto : Andi Idham Jasin)

Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar (Kompa Dansa Mandar) sebagai salah satu gerakan kampanye budaya sukarela (voluntary) kemudian selalu akan untuk bermitra dan bekerja sama dengan pihak penggiat budaya dan wisata manapun di wilayah Sulawesi Barat untuk mengenali danĀ  melakukan promosi aspek-aspek yang berkaitan dengan budaya serta wisata. Perkembangan dunia tari di daerah Mandar akan turut menyumbang keragaman jenis tarian dalam budaya Mandar dan pada akhirnya akan memperkaya khasanah budaya Mandar secara umum.

 

Comments 

 
#1 2013-09-04 00:16
mana saya fotoq juga di jambi?salam sama tono
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018