Online 19 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Melihat Pamboang Dari Bukit Poci (Pohon Cinta) Yang Romantis

Melihat Pamboang Dari Bukit Poci (Pohon Cinta) Yang Romantis Cetak
oleh Nasbi   
Jumat, 20 September 2013 08:12 | Tampil : 2293 kali.

Bukit Poci (Pohon Cinta) sebenarnya adalah sebuah tempat dengan ketinggian beberapa meter diatas permukaan laut, tempat dimana anda bisa melihat bagian pesisir kecamatan Pamboang Kab. Majene. Titik yang populer dijadikan sebagai tempat favorit untuk mengambil foto dengan latar beberapa bukit dan gunung dengan liukan garis pesisir dan pasir putih pantai di kecamatan yang terdekat dari kabupaten Majene ini.

Sejarah bukit Poci (Pohon Cinta)

Dahulu di tempat ini terdapat sebuah pohon yang oleh masyarakat lokal Mandar biasa disebut "ponna soppeng"  nama ilmiah pohon ini adalah Syzygium cumini di beberapa daerah disebut dengan nama Jamblang, yang merupakan pohon dari jenis jambu-jambuan (Myrtaceae) . Pohon ini menurut cerita warga lokal memiliki ranting berbentuk mirip “hati”, begitupula dengan daunnya, namun secara anatomis daun mungkin tidak begitu mirip, tergantung bagaimana orang-orang melihatnya. Karena itulah ia dinamai Poci singkatan dari Pohon Cinta. Namun penamaan ini sepertinya lebih pada letak strategis pohonnya yang cukup romantis.

Di tempat yang tergolong romantis ini ada banyak muda-mudi yang biasa menghabiskan waktu berdua menghabiskan sore dan menikmati matahari yang terbenam. Karena begitu seringnya menjadi tempat “romantis” dan kekhawatiran penduduk di sekitarnya bahwa lokasi ini akan menjadi sumber tempat yang merugikan, maka kemudian pohon ini ditebang, walaupun tidak dimusnahkan secara utuh, masih ada potongan batang yang dapat dilihat dengan jelas. Sebelum pohon ini ditebang ada banyak cerita-cerita negatif tentang muda-mudi yang menghabiskan waktu di tempat ini, namun setelah ditebang cerita-cerita itu setidaknya mulai berkurang, pun ketiadaan pohon ini tidak mengurangi keinginan orang-orang untuk berkunjung ke tempat ini. Poci (pohon cinta) masih saja tetap ramai dikunjungi.

poci pamboang majene

Potongan batang Poci (Pohon Cinta) yang masih dapat ditemui  dengan latar pesisir pantai Pamboang
(Foto : Nasbi)

View menarik Poci (Pohon Cinta)

Apa sebenarnya yang menarik dari Poci ini? letak strategis menjadi salah satu keunggulan tersendirinya. Dari titik ini ada pemandangan atau view yang pantas untuk diandalkan. Singkatnya eksotis, memandangi pesisir pantai kecamatan Pamboang dari ketinggian. Ada “buttu Adolang” atau gunung Adolang yang tepat berada di samping bukit Poci, gunung bersejarah tempat benteng pertahanan terakhir kerajaan Pamboang saat menghadapi Belanda saat sebelum masa kemerdekaan.

Selain itu dari titik di Poci ini anda juga dapat memandangi dari jauh Pantai Taraujung kecamatan Pamboang tepat di ujung sebalah barat. Pantai dengan struktur batu yang sangat sempurna untuk dijadikan lokasi memotret dalam genre “landscape” paduan deburan ombak yang menghantam batu berukuran besar sangat fenomenal ketika ia ditangkap lewat kamera. Belum lagi adanya laguna berukuran kecil mirip telaga di tempat ini.
Tebing Rewataa juga dapat anda lihat dari titik bukit Poci (Pohon Cinta) ini, walaupun tidak begitu jelas karena jaraknya yang cukup jauh. Secara umum objek-objek wisata yang ada di pesisir kecamatan Pamboang dapat anda lihat secara langsung dari sini.

poci pamboang

View pantai Taraujung yang tampak menjorok ke arah laut dari bukit Poci (Pohon Cinta) (Foto : Nasbi)

Jalur menuju bukit Poci (Pohon Cinta)

Untuk menuju lokasi Poci (Pohon Cinta) di kecamatan Pamboang ini anda dapat mengaksesnya via jalur darat dengan menggunakan kendaraan beroda dua atau beroda empat via desa Pamboborang, Baruga atau di Kec. Pamboang sendiri. Jika anda ingin menikmati pemandangan gunung sebelum mencapai Poci anda sebaiknya menuju titik ini via desa Pamboborang, kondisi jalan beraspal yang tidak seluruhnya baik cukup lancar dilalui, ada jejeran beberapa gunung indah yang dapat anda temui jika melewati jalur ini. Jika anda menuju Poci via desa Baruga atau desa Pamboborang maka anda akan melewati daerah Puareq. Lalu jika anda mengikuti jalurnya via kec. Pamboang maka desa Babbabulo adalah tempat anda berbelok, tepat di bagian belakang SMK 3 Kelautan. Anda dapat menanyai warga di sekitar Bababulo, mereka tahu betul lokasi Poci ini.

Jarak bukit Poci (Pohon Cinta) dari desa Pamboborang sekitar 7 km sementara dari desa Baruga adalah lebih jauh lagi, sementara via desa Bababulo jaraknya cukup dekat. Lokasi ini cukup mudah dilihat, karena berada tidak jauh dari jalan utama.

Bukit Poci (Pohon Cinta) sempurna untuk camping dan menikmati sunset

Bukit Poci cukup seru untuk dijadikan sebagai lokasi camping, ada daerah dataran yang cukup landai sebagai basis untuk tenda. Menikmati semilir angin langsung dari selat Makassar, udara segara pegunungan, serta kesempurnaan view pantai Taraujung, tebing Rewataa, hingga gunung Adolang. Semua objek-objek ini bisa diakses secara bersamaan saat berada di bukit Poci.

poci pohon cinta pamboang majene

View sunset di bukit Poci (Pohon Cinta) (Foto : Nasbi)

Belum lagi pesona  sunset atau matahari terbenam yang secara jelas dapat dilihat, karena tidak ada benda yang menghalangi pandangan misalnya gunung atau benda-benda lainnya. Seperti umum diketahui bahwa daerah kabupaten Majene kaya akan teluk dengan bagian tebing yang kadang menghalangi matahari terbenam, tetapi disini anda tak perlu khawatir dengan benda-benda penghalang itu, semua adalah tampak langsung sunset dari bukit Poci.


Penulis :

nasbiNasbi, saat ini menetap di lingk. Moloku, Kec. Banggae Kab. Majene. Alumnus S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar.  Kini bekerja sebagai tenaga honorer di SMU Neg 1 Majene. Hobi menulis dan bertualang, memiliki minat besar dalam ranah budaya, sejarah, fotografi, dan travelling.

Kontak Saya :
facebook :  https://www.facebook.com/abie.huzaimah
twitter : https://twitter.com/bie_huzaimah
blog :  http://diarylukaq.blogspot.com


 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018