Online 84 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Foto : Eksotisme Pasir Putih Pantai Pesuloang Majene Sulawesi Barat

Foto : Eksotisme Pasir Putih Pantai Pesuloang Majene Sulawesi Barat Cetak
oleh Nasbi   
Minggu, 22 September 2013 07:43 | Tampil : 2021 kali.

Mengunjungi daerah Mandar dan Sulawesi Barat maka anda akan selalu menemukan dominasi daerah pesisir dengan garis pantai yang cukup panjang mulai dari batas awal kabupaten Polewali Mandar hingga sampai ke Mamuju Utara. Karena itu tidak heran jika anda akan banyak menemukan objek wisata pantai yang begitu banyak. Salah satu pesona pantai dengan hamparan pasir putih yang cukup bersih dan eksotis adalah pantai Pesuloang yang berada di Kabupaten Majene.

Pantai Pesuloang berada di desa Pesuloang, kelurahan Sirindu, kecamatan Pamboang kab. Majene. Objek potensial wisata pantai dengan pasir putih yang bebas dari sampah dengan area cukup luas. Cukup alami sampai saat ini, walaupun belum dimanfaatkan dengan maksimal. Area pantai cukup panjang dengan pesona pelengkap puluhan nyiur yang siap menaungi anda ketika matahari begitu terik. Hamparan pasir putih yang merupakan bentukan alami batu karang berusia ratusan tahun dan masih merupakan rangkain dari pantai di daerah Rewataa adalah eksotisme yang dimiliki oleh pantai ini. Seperti yang diketahui bahwa kecamatan Pamboang memiliki banyak pantai berjenis seperti ini.

pantai pesuloang majene

Pantai Pesuloang Pamboang di Kabupaten Majene (Foto : Nasbi)

Dengan ciri pantai  debur ombak yang tidak begitu kuat dan struktur dasar pantai yang dangkal maka pantai Pesuloang cukup tepat dijadikan sebagai objek untuk spot rekreasi keluarga. Aktivitas bermain, berenang di area pantai cukup aman dilakukan. Dan satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh pantai lain yaitu zona pantai sangat bersih, hal ini mungkin disebabkan oleh jarak pantai Pesuloang dengan rumah penduduk sekitar yang cukup jauh, sehingga pantai tidak dijadikan sebagai tempat untuk membuang limbah.

pasir putih pantai pesuloang

Pantai Pesuloang Pamboang dengan struktur pantai dangkal (Foto : Nasbi)

Selain memiliki vegetasi nyiur, serta beberapa tanaman khas daerah pesisir, di beberapa titik pantai ini juga ditumbuhi tanaman serupa mangrove walaupun jumlahnya tidak banyak.

pantai pesuloang kecamatan pamboang

Vegetasi yang tumbuh di sekitar pantai Pesuloang (Foto : Nasbi)

Apakah anda suka memotret diri dengan latar belakang objek wisata pantai? Pantai Pesuloang adalah lokasi yang sangat tepat. Latar pantai berpasir putih dengan nyiur, dan pegunungan di kecamatan Pamboang semua bisa anda dapatkan dalam satu frame. Banyak pelancong yang kadang singgah sebentar di Pantai ini hanya untuk berfoto sebentar.

foto pantai pesuloang

Potret dengan latar pantai pasir putih Pesuloang (Foto : Nasbi)

potret pantai pesuloang

Pantai Pesuloang spot yang tepat untuk berfoto dengan latar pantai berpasir putih (Foto : Nasbi)

Dari beberapa pesona dan eksotisme yang dimiliki oleh Pesuloang, ini cukup dijadikan sebagai bekal untuk mengangkatnya sebagai spot wisata yang dapat dikembangkan nantinya. Lokasinya yang strategis, tidak jaub dari jalan poros Kabupaten Polewali Mandar- Kabupaten Majene-Kabupaten Mamuju merupakan salah satu potensi yang juga dapat  mendukung.


Penulis :

nasbiNasbi, saat ini menetap di lingk. Moloku, Kec. Banggae Kab. Majene. Alumnus S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar.  Kini bekerja sebagai tenaga honorer di SMU Neg 1 Majene. Hobi menulis dan bertualang, memiliki minat besar dalam ranah budaya, sejarah, fotografi, dan travelling.

Kontak Saya :
facebook :  https://www.facebook.com/abie.huzaimah
twitter : https://twitter.com/bie_huzaimah
blog :  http://diarylukaq.blogspot.com

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018