Online 26 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Kuliner Kelapa Muda Di Kedai Lingkungan Apoang Kabupaten Majene

Kuliner Kelapa Muda Di Kedai Lingkungan Apoang Kabupaten Majene Cetak
oleh Administrator   
Minggu, 29 September 2013 07:03 | Tampil : 1299 kali.

Kabupaten Majene adalah salah satu dari kabupaten yang berada di Sulawesi Barat dengan garis pantai yang cukup panjang. Potensi ini menyajikan daerah pantai yang cukup dominan, dan hal ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh warga di lingkungan Apoang Kecamatan Sendana. Di pesisir pantai wilayah desa ini dibangun beberapa kedai yang menyajikan makanan atau kuliner lokal yang cukup lezat untuk dinikmati. Jika anda melalui jalur rute Sulawesi Barat via jalur darat maka anda akan menemukan jejeran kedai yang cukup panjang dengan pantai yang terbuka luas.

Ada beberapa menu kuliner yang disajikan oleh kedai-kedai di wilayah lingkungan Apoang, salah satu menu yang dominan ditemui adalah kelapa muda. Buah segar dengan daging yang betul-betul lunak, berbeda dengan kualitas kelapa muda yang biasa disajikan dengan daging yang keras dan nyaris tua. Kelapa ini akan disajikan segera setelah anda memesannya pada pemilik kedai, ukurannya cukup besar, khas kelapa lokal daerah Majene. Ada gula aren yang dapat dijadikan campuran menu ini untuk menambah manisnya anda juga dapat menambahkan sirup DHT, brand sirup klasik yang sangat terkenal dan telah lama digunakan di wilayah Sulawesi sebagai bahan campuran untuk menambah warna dan rasa menu. Namun jika tidak  ingin menambahkan apa-apa anda dapat menikmati buah kelapa ini dengan rasa original, cukup disesuaikan dengan selera anda

kuliner kelapa muda apoang

Menu kelapa muda original

Menu buah kelapa sangat tepat anda pesan ketika mampir di daerah ini pada saat siang atau sore hari. Di dua waktu ini menikmati kelapa muda adalah hal yang pas terutama untuk mengatasi keletihan anda melalui jalur darat Sulawesi Barat yang cukup panjang. Kesegaran dan kealamian buah kelapanya cukup menjadi teman bagi kerongkongan yang kering.

Salah satu gaya menikmati menu kelapa muda adalah dengan menambahkan campuran gula aren masyarakat lokal sering menyebutnya “gula merah”. Rasa gula merah yang manis sangat lezat ketika ditambahkan dalam campuran daging kelapa. Konsistensi daging yang lunak dengan rasa manis ditambah dengan air kelapa yang alami dan sehat adalah paduan yang sempurna untuk sekedar mengembalikan energi anda.

kuliner kelapa muda apoang majene

Menu kelapa muda dengan campuran gula aren

Bahan baku untuk menu kuliner kelapa muda cukup melimpah di kabupaten Majene. Buah kelapa dan gula merah dua komoditas yang sangat mudah ditemukan di daerah ini dengan kualitas bahan nomor satu. Buah kelapa berukuran besar serta gula merah yang asli dibuat dengan cara-cara yang masih tradisional, berbeda dengan kualitas buah kelapa dan gula merah yang ada di kota-kota besar, cenderung memilih buah kelapa yang nyaris tua, dengan gula merah yang buruk.

 

Comments 

 
#1 2013-10-18 12:09
kelapa muda paling enak diminum disiang hari ditambah dengan es batu.....
mantap........
Quote
 
 
#2 2013-10-18 12:11
makasih sudah memperkenalkan wisata kelapa muda............
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018