Online 17 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Indahnya Sunset Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene

Indahnya Sunset Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene Cetak
oleh Administrator   
Jumat, 18 Oktober 2013 07:56 | Tampil : 1860 kali.

Garis pantai ratusan kilometer yang dimiliki oleh kabupaten Majene, Sulawesi Barat membuatnya memiliki sejumlah objek wisata pantai. Pesisir pantai yang cukup panjang ini terdiri dari pantai berpasir hitam dan pantai berpasir putih dengan berbagai macam bentuk topografi, ada yang masih alami belum terjamah oleh fasilitas wisata dan ada juga yang telah dimaksimalkan oleh warga yang bermukim disekitar pantai. Lalu berbicara soal pantai maka tidak akan  pernah jauh dari pesona matahari terbenam atau "sunset". Kabupaten Majene menyediakan banyak "spot" bagi anda untuk menikmati waktu terbenamnya matahari dengan semburat warna kuning keemasan yang selalu indah untuk dipandangi.

Salah satu "spot" atau titik yang strategis untuk memandangi "sunset" di Sulawesi Barat adalah di Pelabuhan Palipi, pelabuhan kecil antar pulau (Sulawesi-Kalimantan) yang terletak di kecamatan Sendana kabupaten Majene. Pelabuhan ini memiliki lapangan pandang yang luas untuk menikmati senja, walaupun tepat didepannya terdapat sebuah pulau kecil yang biasa disebut "Pulau Tai Manuq" dalam bahasa daerah setempat berarti "Pulau Tahi Ayam". Pulau kecil ini menambah keindahan sunset yang dapat anda nikmati di Pelabuhan Palipi.

sunset pelabuhan palipi majene

Sunset pelabuhan Palipi di kabupaten Majene (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

sunset pelabuhan palipi majene sulbar

Sunset pelabuhan Palipi  dengan  background Pulau Tai Manuq
(Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Secara umum pelabuhan ini cukup sepi, hanya ramai digunakan untuk bongkar muat penumpang dan barang. Anda hanya dapat menikmati senja disini tanpa ditemani oleh fasilitas wisata seperti kedai makanan, ataupun rumah makan. Daerah pelabuhan tertutup untuk umum dan hanya dapat anda akses ketika meminta izin pada petugas yang ada di posko penjagaan yang letaknya di bagian gerbang masuk pelabuhan.

Maksimalisasi objek wisata sunset di pelabuhan Palipi sebenarnya cukup potensial untuk dikembangkan, pulau dan sunset yang cukup indah kurang lebih bisa diandalkan. Jika kemudian terdapat fasilitas transportasi berupa kapal motor yang mengangkut pelancong dari pelabuhan Palipi ini ke "pulau tai manuq" dan sebaliknya lalu di pulau itu disediakan kedai ataupun fasilitas gazebo, dan tempat peristirahatan, maka hal itu akan lebih seru. Kita dapat menikmati view sunset dengan posisi yang lebih strategis, melihatnya perlahan menghilang diantara horizon garis laut, dengan bentuknya yang bulat dan sempurna dan sejenak beberapa menit setelahnya kita dapat melihat efek "blue hour".

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018