Online 17 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Potensi Pesona Pantai Taraujung Pamboang Yang Terlewatkan

Potensi Pesona Pantai Taraujung Pamboang Yang Terlewatkan Cetak
oleh Nasbi   
Jumat, 17 Januari 2014 15:51 | Tampil : 1858 kali.

Provinsi Sulawesi Barat khususnya daerah kabupaten Majene merupakan lokasi yang memiliki potensi wisata yang dapat dikembangkan. Terdapat banyak tempat wisata di jalur kabupaten Majene- kabupaten Mamuju khususnya wisata bahari, salah satunya adalah Pantai Taraujung yang berada di Kecamatan Pamboang Kabupaten Majene. Kecamatan Pamboang memiliki jarak sekitar 14 Km sebelah Barat Kota Majene.

Pantai Taraujung sangat cocok sebagai tujuan berlibur, selain view yang sangat indah tempat ini juga sangat mudah untuk diakses karena berada di dekat jalan Poros Majene – Mamuju. Memasuki lokasi wisata ini, pengunjung langsung disambut dengan rimbunnya pohon kelapa yang berjejer rapih. Adanya pohon-pohon kelapa ini juga menguntungkan para pengunjung karena selain sebagai tempat berteduh, dibawahnya juga dapat dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat dan juga menyimpan bekal yang dibawa oleh para pengunjung.

pantai taraujung majene

Pantai Taraujung di kecamatan Pamboang Kabupaten Majene (Foto : Nasbi)

Pertama kali berkunjung ketempat ini saya sangat takjub melihat bahwa ternyata pantai ini begitu panjang dan memiliki pesona yang sangat luar biasa. Pantai taraujung berbentuk melengkung dengan garis pantai yang berjarak kira-kira ±1 km, tapi sayang tidak ada fasilitas yang memadai di pantai yang indah ini sehingga pengunjung pun wajar  jika sedikit.

Di pantai ini terdapat rabat yang sudah rusak, entah sudah tua atau memang tidak terawat, rabat tersebut mungkin dibuat oleh pemerintah atau masyarakat sekitar saya sendiri tidak tahu akan hal itu, yang jelas rabat tersebut sudah rusak dan sebagian sudah hancur.

pantai taraujung pamboang

Rabat yang telah rusak dan hancur di Pantai Taraujung Pamboang Majene (Foto : Nasbi)

Di ujung kanan pantai ini terdapat tebing karang yang sangat cocok untuk para pehobi olahraga memancing, ada berbagai jenis ikan laut disana, saya juga sering memancing di tebing ini. Selain dijadikan sebagai tempat memancing beberapa warga juga sering terlihat mengunjungi sebuah tempat disana, menurut cerita tempat itu adalah sebuah makam namun ada juga yang berpendapat bahwa tempat itu dibangun hanya sebagai tempat berziarah saja, entahlah seperti apa jelasnya.

pantai taraujung pamboang majene sulbar

Tebing karang di Pantai Taraujung Pamboang spot sempurna bagi para pehobi olahraga memancing (Foto : Nasbi)

Selain pantai yang indah, terumbu karang di Taraujung juga tidak kalah menarik, lokasi yang memang banyak karang ini sangat tepat untuk para pecinta snorkeling, pemandangan under water di tempat ini sangat luar biasa ditambah lagi ombak yang kurang dan cenderung tenang akan membuat kegiatan snorkeling bertambah seru, air laut yang jernih juga menjadi salah satu faktor pendukung untuk mengabadikan momen dan gambar-gambar yang ada di bentang bawah laut Taraujung.

Di Taraujung juga terdapat beberapa kawasan yang ditumbuhi bakau (Mangrove), sayang hanya ada beberapa pohon saja yang ada di lokasi tersebut. Walaupun demikian dengan adanya mangrove tersebut seharusnya pemerintah  memberikan perhatian yang lebih di lokasi wisata ini. Lokasi wisata yang hanya dikunjungi oleh beberapa orang ini sangat sayang jika tidak mendapat perhatian yang serius dari pemerintah dan masyarakat, pengunjung yang datang juga sangat sedikit ini dikarenakan kurangnya informasi kepada orang orang tentang lokasi wisata ini serta tidak adanya prasarana yang memadai untuk disebut sebagai sebuah tempat wisata yang layak.

mangrove pantai taraujung pamboang

Tebing karang di Pantai Taraujung Pamboang spot sempurna bagi para pehobi olahraga memancing (Foto : Nasbi)

Beberapa orang yang saya temui di tempat ini mengatakan bahwa mereka berkunjung hanya untuk sekedar hunting foto saja (kegiatan memotret objek dengan latar pemandangan), kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa view pegunungan di depan Pantai taraujung sangat menarik, jejeran gunung dan bukit-bukit yang berada didepan pantai terlihat sangat indah karena tak ada pepohonan yang menghalangi pandangan. Jika anda sedang melewati jalur trans kabupaten Majene- kabupaten Mamuju, saya merekomendasikan tempat ini untuk anda singgahi.


Penulis :

nasbi molokuNasbi, saat ini menetap di lingk. Moloku, Kec. Banggae Kab. Majene. Alumnus S1 Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar.  Kini bekerja sebagai tenaga honorer di SMU Neg 1 Majene. Hobi menulis dan bertualang, memiliki minat besar dalam ranah budaya, sejarah, fotografi, dan travelling.

Kontak Saya :
facebook :  https://www.facebook.com/abie.huzaimah
twitter : https://twitter.com/bie_huzaimah
blog :  http://diarylukaq.blogspot.com

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018