Online 103 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Majene Tempat Terbaik Menikmati Sunset (Matahari Terbenam) Di Majene

Tempat Terbaik Menikmati Sunset (Matahari Terbenam) Di Majene Cetak
oleh Tommuane Mandar   
Minggu, 23 Oktober 2016 19:17 | Tampil : 1171 kali.

Sunset (matahari terbenam) adalah sajian wisata yang mudah ditemukan di Sulawesi Barat, apalagi melihat sisi pesisirnya yang memanjang dari selatan ke utara dan tepat berhadapan dengan selat Makassar menjadikan fenomena matahari terbenam menjadi fenomena alam yang mudah dijumpai setiap hari. Bagi Anda para pecinta sunset maka kabupaten Majene merupakan daerah yang wajib dikunjungi untuk menikmati sunset eksklusif.Berikut ini adalah beberapa tempat-tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam di kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Pantai Rangas, Banggae

Saat langit tampak berwarna kemerah-merahan, datang dan duduklah di tepi pantai Rangas, yakin dan percaya pantai ini adalah tempat yang paling pas untuk refreshing, menulis, berfoto atau hanya sekedar memanjakan dua bola mata bersama senja.

Buat Anda yang sedang melintasi jalan poros Majene - Mamuju sekitar pukul 17.30 Wita bolehlah membelokkan kendaraanya ke arah selatan sekitar 250 meter menuju pantai setelah SPBU Rangas Majene. Di ujung jalan tampak matahari yang sudah mulai memerah siap menyambut Anda. Selain itu ada ribuan mangrove muda yang ikut melambaikan tangan kepada Anda sekedar hanya untuk disapa dan turut dinikmati keindahannya.

sunset pantai rangas majene

Sunset di Pantai Rangas, kec. Banggae kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Nasa)

Pantai Rangas dapat ditempuh dari ibukota kabupaten Majene sekitar 5 menit dengan kendaraan beroda dua atau beroda empat, daerah Pantai dengan kawasan pemukiman padat nelayan yang tidak jauh dari pesisir.

sunset pantai rangas majene sulbar

Sunset di Pantai Rangas, kec. Banggae kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Nasa)

Masyarakat Rangas dominan berprofesi sebagai nelayan, mereka sudah sering kali menikmati sunset di pantai ini, lalu apakah Anda yang bermukim di pegunungan ataupun di perkotaan tidak ingin menikmati pesona sunset di pantai ini, jika memang memiliki niat maka segera persiapkan diri Anda, aksesnya cukup mudah dijangkau dari jalan trans Sulawesi. Masyarakat Rangas cukup ramah dan mereka akan mengarahkan bahkan mereka kadang mengantar langsung tamu yang berkunjung. Jika saat menikmati sunset di Pantai Rangas dan kebetulan Anda merasa lapar, maka perut dapat diisi, tak perlu takut, karena tak jauh dari Pantai Rangas berdiri RM Rangas yang menyiapkan menu lokal dan sudah pasti jadi teman yang menyenangkan saat menunggu sunset.

Pantai Urung Palipi, Soreang

Di Majene terdapat dua daerah dengan nama Palipi, satu terletak di Sendana dan satunya lagi di Soreang, Pantai Palipi Soreang, layaknya tempat wisata yang tersembunyi, orang-orang mengenalnya dengan nama Pantai Urung Palipi. Akses menuju titik utama pantai tidak begitu jauh, jika mengendarai roda dua Anda dapat langsung sampai ke bibir pantai dan jika mengendarai roda empat parkir saja di jalan poros sebelum pintu gerbang selamat datang di kota Majene (daerah Rangas). Lalu ayungkan tangan dan langkahkah kaki Anda hingga jarak sekitar 100 meter ke arah pantai, Anda akan memasuki kawasan Pantai Urung Palipi, selain pasir putihnya yang keren, terdapat fasilitas perahu atau Sampan (bahasa lokal :lepa-lepa) yang dapat di tumpangi untuk menikmati dan merasakan keindahan sunset yang terbenam.

sunset pantai urung palipi soreang

Sunset di Pantai Rangas, kec. Banggae kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Nasa)

Selain itu pesona bawah laut Pantai Urung Palipi juga jadi potensi sajian utama saat Anda berkunjung ke tempat ini, tentu saja dengan keindahan bentang terumbu karangnya yang apik

Pantai Apoang, Sendana

Pantai Apoang, salah satu spot untuk menikmati sunset yang indah di kecamatan Sendana, sepanjang perjalanan menuju pantai ini dari ibukota kabupaten Majene Anda dapat melihat laut di sisi kiri, Apoang terletak 3 km dari ibu kota kec. Sendana ke arah Selatan, atau sebelum Somba jika dari arah Banggae. Dimana saja titik-titik terbaik untuk menikmati sunset di sekitar pantai Apoang?

sunset pantai apoang sendana

Sunset di Pantai Apoang, kec. Sendana kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Indra Ariana)

Saat berada di pantai Apoang dengan menggunakan perahu sampan (lepa-lepa), Anda dapat menyusuri perairan yang dangkal menjelang si bulat matahari menghilang, perahu dengan cadik atau tanpa cadik ini dapat dinikmati tentu saja setelah meminjamnya pada nelayan lokal setempat yang banyak bermukim di sekitar pantai.

Selain Pantai Apoang, ada beberapa titik yang wajib Anda datangi untuk melihat bias senja secara sempurna sebelum bersembunyi di horizon laut  :

Sepanjang kedai kelapa muda

Dusun Apoang memiliki kawasan penjaja kedai kelapa muda yang membuatnya khas, saat ini hanya ada di dusun ini di sepanjang jalan trans Sulawesi, jadinya mudah menandai Apoang, jika Anda menemukan jejeran kedai kelapa muda maka Anda pastilah berada di Apoang. Sambil menikmati sunset (matahari terbenam) Anda juga dapat menikmati sajian menu es kelapa muda dengan harga Rp. 10.000/buah tentu saja dengan bahan pelengkap gula aren, susu, ataupun sirup. Paduan sempurna dengan kuliner lokal dan sunset yang apik untuk dinikmati.

Batu Meappar, Sendana

Tak jauh dari pantai Apoang (masih dalam kawasan pantai Apoang) juga terdapat titik Batu Meappar (dalam bahasa lokal berarti hamparan batu) titik yang juga dapat Anda jadikan lokasi untuk menikmati eloknya matahari terbenam. Jika anda membawa alat pancing sebaiknya duduk santai saja sembari menunggu kail disambar oleh ikan dan tentu saja melihat bias oranye senja jadi sajian mata yang eksotis. Selain itu Batu Meappar masih menyisakan jejak kaki berukuran besar yang hingga saat ini tak bisa dipecahkan, apakah jejak kaki sebenarnya atau hanya bentukan alami batu yang mirip dengan jejak kaki berukuran raksasa.

Pulau Idaman /Pulau Tai Manu, Palip, Sendana

Untuk menikmati sunset (matahari terbenam) di kecamatan Sendana, maka tempat yang harus Anda datangi adalah Palipi, daerah yang letaknya sekitar 7 km ke arah Utara dari ibu kota kecamatan Sendana. Palipi dapat dituju dengan menggunakan roda dua maupun roda empat. Letak tepatnya di sekitar Pulau Idaman atau biasa juga disebut Pulau Tai Manu, pulau kecil yang terdapat di depan dermaga Palipi.

sunset pantai palipi sendana

Sunset di sekitar pulau Idaman/ pulau Tai Manu dan dermaga Palipi, kec. Sendana, kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Indra Ariana)

Daerah sekitar pulau dan dermaga adalah tempat terbaik menikmati matahari terbenam. Pesona bawah laut kawasan ini juga tak kalah indahnya, menyusuri pantainya dengan menggunakan perahu dan memancing juga adalah kegiatan lain yang bisa dilakukan, tentu saja dengan menanti saat waktu sunset datang.

Buttu Passau (Bukit Passau, Sendana

Jika di pantai Anda menikmati sunset, maka di bukit/gunung juga bisa. Hal yang istimewa dan spesial yang dimiilki oleh Sendana. Mungkin Passau masih asing ditelinga kita, Passau adalah daerah yang terletak 4 km dari ibu kota kec. Sendana, 1 km terakhir jelang Passau maka bersiaplah memacu adrenalin di jalanannya yang mendaki. Untuk sampai ke wilayah perkampungan Passau Anda dapat menggunakan kendaraan beroda dua atau beroda empat. Sepanjang perjalanan maka kita akan disambut kebun-kebun warga.

sunset di bukit passau sendana

Sunset di bukit Passau, kec. Sendana, kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Indra Ariana)

Warga Passau sendiri dominan bekerja sebagai petani dan peternak kambing, jadi jangan heran jika sepanjang jalan Anda akan melihat pohon Lamtoro Gung (pakan kambing) lalu di sisi kanan perjalanan Anda akan melihat perbukitan yang mirip dengan kontur gunung nona yang ada di kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Setelah sampai di perkampungan maka bersiaplah untuk berjalan kaki ke bukit Passau. Jika datang di musim buah maka Anda dapat menikmati jambu monyet, Soppeng (atau buah Jamblang), mangga berukuran kecil. Dan tahukah Anda buah-buahan ini sebagian dapat diambil dengan gratis karena ia tumbuh liar dan tidak dimiliki oleh siapapun.

Kemana saja anda saat bertandang ke Kecamatan Tubo kabupaten Majene? apalagi untuk menikmati Sunset? Menatap sunset apik mungkin salah satu alternatif yang menyenangkan, mengingat kecamatan ini dikaruniai pesona alam yang memadai, sepanjang pantai Baturoro (Desa Tubo Selatan) hingga Sumakuyu (Desa Onang)

Dan beberapa bukit di wilayah ini memiliki spot untuk menikmati matahari terbenam. Titik yang paling pas untuk menikmati sunset adalah dermaga Baturoro,

Dermaga Baturoro, Tubo Sendana

Sembari menunggu matahari kembali ke peraduannya Anda bisa memancing atau sekedar mandi di tepi pantai. Dari atas jembatan Anda juga bisa mengambil gambar deretan-deretan rumah penduduk dan lembutnya pasir putih di sekitarnya, bosan dengan suasana pantai? Di sisi kiri-kanan Anda juga bisa menikmati hijaunya mangrove yang mungkin bisa mencuci mata walau  sekejap.

sunset dermaga baturoro tubo sendana

Sunset di dermaga Baturoro, kec. Tubo Sendana, kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Hasbi Djaya)

Akses menuju dermaga cukup mudah, mengingat lokasinya tidak jauh dari jalan trans sulawesi poros Majene-Mamuju hanya berkisar 50 meter dan dekat dari mercusuar tanjung Baturoro.

Bukit Teletabis, Tubo Sendana

Untuk menikmati sunset, Selain di dermaga Baturoro, anda juga bisa melancong ke Bukit Teletabis. Begitu masyarakat Tubo Sendana menyebutnya. Tepat di perbatasan Desa Onang dan Desa Bonde-Bonde, depan kantor BPPP Kec. Tubo Sendana, tidak jauh setelah Pos Polisi Jika Anda dari arah ibokota kabupaten Majene dan hanya sekitar 200 meter setelah puskesmas Sendana II jika dari Mamuju.

sunset bukit teletabis tubo sendana

Sunset di desa Tubi Tengah, Lomboqna kec. Tubo Sendana, kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Hasbi Djaya)

sunset bukit teletubis majene

Sunset di Bukit Teletabis, kec. Tubo Sendana, kab. Majene, Sulawesi Barat (Credit Foto : Hasbi Djaya)

Aksesnya pun cukup mudah, telah mulus dengan proyek jalan rabat beton oleh pemerintah setempat, jadi kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dapat dengan mulus melaju dan sampai di bukit ini. Keramahan masyarakatnya dan indahnya lekuk-leku bukit dapat menyihir mata Anda apalagi jika rela sekian jam menunggu waktu sunset ataupun bias senjanya.

Pesisir Pantai Bukit Tinggi, Malunda

Kembali menatap pesona sunset yang hampir hilang, setelah sekian lama tak menyapa, lalu biarkan sejenak kami menikmati kemegahan sunset di balik fenomena alam, semoga Tuhan tetap menjaga keistimewaannya, kutipan sajak untuk sunset yang cantik di pesisir pantai Bukit Tinggi kecamatan Malunda.

sunset di pesisir pantai bukit tinggi malunda

Sunset di pesisir pantai Bukit Tinggi, kecamatan Malunda, kabupaten Majene (Foto : Muhammad Arya Rendra)

Pesisir Pantai Bukit Tinggi Malunda, termasuk spot andalan para warga dan pemuda/pemudi di kecamatan Malunda , akan tetapi untuk saat ini tempat ini jarang dikunjungi, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, tempat ini begitu populer. Sembari menunggu matahari hilang di garis datar laut, Anda akan ditemani titik air terjun yang jatuh langsung ke laut (hanya dijumpai saat musim hujan tiba). Daerah pesisir pantai Bukit Tinggi Malunda sangat mudah di akses karena masih berada di jalur poros Majene-Mamuju , jika Anda melintasi jalur ini maka singgahlah tepat di Rumah Makan Bukit Tinggi Malunda, lalu susuri tangga menurun di sisi kiri rumah makan menuju bibir pantai. Anda juga bisa menikmati pesona pesisirnya dari atas area RM. Bukit Tinggi.

Urung, Toppo, Malunda

Urung, seperti itu orang-orang menyebutnya, lokasinya berada tepat jalan poros Majene - Mamuju , Dusun Toppo, kecamatan Malunda. Jika Anda melalui jalan trans sulawesi baik dari arah Majene maupun Mamuju pada sore hari, maka boleh menyempatkan diri untuk singgah sejenak di tempat ini menikmati panorama sunset.

sunset di urung malunda majene

Sunset di Urung, Toppo, kecamatan Malunda, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Arya Rendra)

Urung menjadi tempat favorit bagi para pemuda Malunda untuk sekedar nongkrong dan menghabiskan sore hari. Tempat ini saat hari-hari biasa cukup sepi, namun akan menjadi ramai saat bulan Ramadhan tiba, tempat jagoan untuk ngabuburit, menghabiskan waktu menanti waktu berbuka puasa.

Tambulang-Bulang, Malunda

Masih berada di sekitar area kec. Malunda tepatnya di jalan poros Majene-Mamuju, desa Tambulang-Bulang. Tidak kalah menarik dengan pesona matahari terbenam yang dimiliki daerah Urung untuk menikmati sunset di sore hari. Daerah Tambulang-bulang inin sangat mudah di jangkau, oleh kendaraan roda dua dan roda empat ataupun berjalan kaki dari wilayah desa Pao-Pao.

sunset di tambulang bulang maunda majene

Sunset di desa Tambulang-Bulang, kecamatan Malunda, kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Foto : Muhammad Arya Rendra)

Jika haus atau lapar jelang menikmati Sunset di Tambulang-Bulang, Anda dapat mampir di beberapa kedai lokal yang banyak berdiri di sepanjang jalan. Sama halnya dengan daerah Urung, tempat ini juga selalu ramai apabila bulan suci Ramadhan tiba.

Penulis : Indra Ariana, Nasaruddin, Hasbi Djaya, Muhammad Arya Rendra

Editor : Muhammad Tom Andari

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018