Online 13 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Mamuju Buah Durian, Primadona Kota Mamuju, Sulawesi Barat

Buah Durian, Primadona Kota Mamuju, Sulawesi Barat Cetak
oleh Administrator   
Senin, 02 Desember 2013 17:06 | Tampil : 1789 kali.

Mamuju dan durian, dua kata ini seolah dekat, siapa yang tidak kenal dengan durian Mamuju, durian Tappalang, dan durian Malunda sentra penghasil buah durian terkenal di Sulawesi Barat. Buah yang hanya dapat dibulan-bulan tertentu dalam setahun ini hanya dihasikan di daerah-daerah pedalaman, tepatnya di daerah dataran tinggi dan hutan. Nyari vegetasinya tidak didapati di pesisir, jadi jika ingin menikmati buah yang satu ini, anda harus menanti kiriman dari saudara-saudara kita yang ada di pegunungan. Durian dari Mamuju sama terkenalnya dengan buah-buah endemik terkenal, misalnya "buah langsat Polmas", masih banyak penjaja buah yang betah memakai isitilah "Polmas" padahal kabupaten ini telah berganti menjadi "Polman", salah satu hal yang aneh. Kurang lebih popularitas yang dimiliki "durian Mamuju" hampir sama dengan "langsat Polmas", mungkin seperti itu penggambaran bagaimana terkenalnya durian Mamuju.

menikmati durian mamuju kali mamuju

menikmati buah durian di kali Mamuju (Foto : Hijranah)

Mengapa Durian Mamuju bisa menjadi sangat terkenal, salah satu penyebabnya adalah buah  durian yang dimilikinya lezat dan legit, dengan spesifikasi ukuran buah besar, daging lunak, dan dengan ukuran biji kecil. Kombinasi yang dicari-cari oleh para pembeli yang kadang tidak dapat dijumpai pada semua jenis durian. Tingkat manis durian yang berasal dari daerah ini juga menjadin alasan mengapa ia sangat terkenal.

Kadang dalam beberapa bulan berturut-turut buah ini akan menyerang kota Mamuju, dijajakan di sudut-sudut kota, akan mengalami fluktuasi harga mulai dari mahal, murah, hingga mahal kembali, sesuai dengan hukum demand dan harga, ketika diawal-awal buah yang masih sedikit maka harganya akan sedikit lebih mahal, saat panen buah durian tiba dan secara bersamaan durian di daerah pedalaman mulai matang secara bersamaan, maka harganya akan turun jauh, waktu yang tepat buat anda para pemburu durian menikmatinya, lalu perlahan waktu jika sudah mulai langka, maka ia akan kembali menjadi mahal.  Ukuran buahnya kadang menjadi syarat harganya, semakin besar ukuran buahnya maka harganya juga akan semakin mahal, begitu pula sebaliknya, jika kecil maka akan sedikit murah. Pun jika ada yang disatukan dalam ikatan-ikatan kecil yang biasa terdiri dari 5 buah durian, maka harganya akan cenderung murah, dibandingkan dengan jika anda harus membeli per buahnya.

cara unik menikmati durian mamuju

cara unik menikmati durian Mamuju (Foto : Hijranah)

Buah yang tidak disukai oleh orang-orang di Eropa ini menjadi buah primadona di Sulawesi Barat, apalagi untuk wilayah Mamuju yang banyak memiliki kawasan dataran tinggi. Tanaman dengan buah berduru namun manis ini memang tumbuh dan berjodoh dengan susunan topografi Mamuju, tanaman yang dapat tumbuh baik di ketinggian kurang lebih 1.000 m diatas permukaan laut, dan tumbuh optimal di ketinggain 400-600 m dpl. Iklim basah yang dimiliki daerah ini menjadikan buah durian menjadi salah satu potensi yang dapat dimaksimalkan. Jenis tanah di ketinggian dengan sepesifikasi yang lembab, gembur dan tak berbatu, dengan kedalaman air yang kurang dari 1 meter merupakan jodoh buah ini.

Saat panen raya buah durian di Mamuju, maka ini waktu yang tepat mengunjungi Mamuju. Para petani Mamuju bisa tiba-tiba "tajir" saat musim panen raya ini, mereka yang punya kebun durian berukuran luas di pedalaman bisa meraup keuntungan yang luar biasa, apalagi satu pohonnya biasa menghasilkan banyak buah.

durian kali mamuju

durian di kali Mamuju (Foto: Hijranah)

Ingin menikmati durian Mamuju lebih seru? anda bisa mengunjungi "Kali Mamuju" saat ini, disana durian sudah mulai terlihat dijajakan oleh warga sekitar, sepertinya sebentar lagi panen raya akan segera tiba, belum lagi cuaca "basah" yang akhir-akhir ini yang mendukung buah ini untuk segera matang. Di Kali Mamuju, anda dapat menikmati durian dengan lebih nikmat, apakah sambil berendam di air sungai yang segar, bersama dengan teman-teman, rekan, sahabat, atau keluarga anda. Ini tempat yang seru untuk menikmati buah durian Mamuju yang terkenal itu, anda cukup datang ke Kali Mamuju, mencari dan menawar buah durian yang dijajakan disepanjang jalan disekitar kawasan wisata ini. Mencicipi buah durian disini seperti menikmatinya tepat disungai dengan jejeran buah durian disepanjang sungai. Layaknya makan durian tepat dibawah pohon durian (tentu saja bebas dari "durian runtuh".

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018