Online 24 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Mamuju Inspeksi Mendadak (Sidak) Air Terjun Tammasapi, Mamuju

Inspeksi Mendadak (Sidak) Air Terjun Tammasapi, Mamuju Cetak
oleh Fahmira Ahmad   
Minggu, 28 Desember 2014 10:09 | Tampil : 959 kali.


Judulnya dadakan, rencana minggu ini (28/12/2014) hanya jalan-jalan di anjungan Pantai Manakarra, tak ada agenda khusus, tetapi berujung pada kunjungan di air terjun Tammasapi, salah satu air tercantik di kab. Mamuju, prov. Sulawesi Barat.

Perjalanan tanpa agenda awal beranjak dari rumah seorang rekan Pusvawirna Natalia Muchtar, setelah menikmati bubur ayam disalah satu kedai tak jauh dari rumah adat Mamuju, kami bertiga saya Pusva dan Marhadi berpikir untuk menuju Sungai Soqdo atau kali Mamuju untuk sekedar menikmati ahir pekan yang suntuk, tapi lagi-lagi mendadak, perjalanan diubah menuju air terjun Tammasapi, entah angin apa yang membawa saya dan kedua orang ini menuju objek wisata ini, apa kabarnya air terjun ini? Lama tak kami kunjungi.

jalur menuju air terjun tammasapi sulbar

Penanda jalur menuju air terjun Tammasapi, kab. Mamuju, Prov. Sulawesi Barat (Foto : Fahmira Ahmad)

Mengarahkan tujuan menuju air terjun yang terdekat dari Mamuju ini, ini kali kedua kedatangan kami, kesan pertama melihat objek wisata ini cukup takjub, mengapa? Jalannya banyak mengalami  perubahan, berbeda saat pertama kali pertama ke tempat ini, hutannya lebat tanpa jalur jelas dengn jalan bebatuan yang sulit dilalui, kini akses menuju air terjun Tammasapi sudah sangat mudah bahkan bisa dikatakan mobil sudah bisa sampai walaupun  harus diparkir dekat bendungan tua dan dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa meter dari lokasi kendaraan diparkir.

arus air terjun tammasapi mamuju sulbar

Air terjun Tammasapi yang cantik, dengan debit air deras di kab. Mamuju, Prov. Sulawesi Barat (Foto : Fahmira Ahmad)

Jalan menuju ketempat ini kian dipercantik untuk menarik minat para wisatawan yang ingin berkunjung dan menikmati panorama alamnya yang sejuk. lalu Apa yang dapat anda nikmati di objek wisata Air Terjun Tammasapi? Sepanjang jalan menuju dan dari lokasinya anda dapat melihat aliran sungai yang meliuk mengikuti arusnya yang kuat, bebatuan cadas dengan paduan hutan lebat disekelilingnya lalu suara arus sungai yang merdu dan kicauan burung-burung, sungguh sangat memanjakan mata dan menyejukkan telinga. Untuk sampai ke objek wisata air terjun Tammasapi, anda dapat menempuh waktu sekitar 20 menit dari jalan utama yang menghubungkannya dengan kampung Tammasapi.


Penulis :

fahmira ahmadFahmira Ahmad, lahir dan dibesarkan di lingkungan pesisir pantai kab. Majene dan saat ini tinggal di kota Mamuju, Sulawesi Barat. Penggiat fotografi, pencinta laut, dan penggila travelling dan wisata. 

Kontak Saya

facebook :  https://www.facebook.com/czladyroot

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018