Online 61 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Pulau Gusung Toraja, Wisata Maritim Polewali Mandar

Pulau Gusung Toraja, Wisata Maritim Polewali Mandar Cetak
oleh Administrator   
Jumat, 23 Agustus 2013 07:43 | Tampil : 3375 kali.

Pulau Pasir Putih/Pulau Gusung Toraja, adalah termasuk dari sekian banyak wisata maritim yang dapat dituju ketika berada di kabupaten Polewali Mandar.  Objek wisata ini berada di bagian timur kota Polewali dan memiliki pesona pasir putih serta suasana yang sejuk. Termasuk dalam wilayah administrasi kecamatan Binuang dan menyusun Kepulauan Tonyamang, bersama pulau-pulau lainnya, diantaranya yaitu pulau Battoa, pulau Panampeang, Pulau Karamasang, Pulau Salamaq, dan Pulau Landea.

pulau gusung toraja polewali mandar

Pulau Gusung Toraja di Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar

Pulau Gusung Toraja diketahui tidak memiliki penghuni, atau tidak didiami oleh masyarakat karena itu ia memiliki pesona pasir putih yang nyaris sempurna. Pulau ini dinamai Gusung Toraja karena pada awal terbentuknya dahulu pulau ini merupakan tumpukan pasir (biasa disebut gusung) dan seiring waktu menjadi sebuah pulau, konon beberapa ratus tahun lalu saat terjadi perang di wilayah ini orang asal Toraja yang menjadi korban dimakamkan di gusung ini, makanya kemudian disebut Gusung Toraja. Pulau ini juga biasa disebut Pulau Pasir Putih (Ridwan Alimuddin, 2012)

pulau gusung toraja pasir putih

Pulau Gusung Toraja tampak dari atas taxi laut (Foto : Gita Novianti Muchtar)

Pulau ini memiliki pesona bawah air yang eksotis, jika anda mengharapkan sensasi menikmati pemandangan bentang alam bawah laut yang seru di Kabupaten Polewali Mandar maka daerah perairan sekitar pulau ini adalah pilihan yang tepat. Terdapat anemon laut serta koral yang berukuran kecil yang dapat anda temui. Pilihan snorkling sangat tepat untuk menikmati permukaan dasar lautnya, tentu saja untuk permukaan yang dangkal saja.

pasir putih pulau gusung toraja

Pasir putih di Pulau Gusung Toraja (Foto : Gita Novianti Muchtar)

Jalur Menuju Pulau Gusung Toraja

Jika ingin menuju ke pulau ini maka anda dapat berangkat dari pelabuhan di Belang-Belang, Tonyamang kecamatan Binuang dengan menggunakan kapal motor milik warga setempat yang biasa disebut "taxi"laut" (perahu yang menggunakan mesin tempel dan memiliki cadik, biasa digunakan sebagai media transportasi penyeberangan antar pulau-pulau di kepulauan Tonyamang) dengan tarif dari Rp 250.000 - Rp 300.000.  Jika ingin lebih murah maka sebaiknya lakukan perjalanan dengan banyak orang agar tarif kapal bisa dibagi. Dari pelabuhan kecil ini menuju pulau Gusung Toraja maka anda akan menempuh waktu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam.

taxi laut pulau gusung toraja

Taxi laut yang digunakan menuju Pulau Gusung Toraja (Foto : Gita Novianti Muchtar)

wisata pulau gusung toraja

Taxi laut, perahu bercadik dengan mesin tempel (Foto : Gita Novianti Muchtar)

Selain berenang, snorkling, di pulau ini anda juga dapat menikmati sunset dan sunrise yang seru, bagi para fotografer bawah laut, bentang alamnya adalah item yang seru untuk didokumentasikan.

Referensi :

  1. Alimuddin, M.R (2012). Terumbu Karang Polewali : Semoga Keindahannya Terpancar Kembali. Available On http://ridwanmandar.com/2012/04/24/terumbu-karang-polewali-semoga-keindahannya-terpancar-kembali/ Diakses 1 Januari 2014.
 

Comments 

 
#1 2015-03-16 10:10
brooo disini bisa di jadikan tempat reunian dan bisanginap di sini nggak
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017