Online 51 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Menikmati Sejuknya Permandian Solong di Kecamatan Tuqbi Taramanu Kab. Polewali Mandar

Menikmati Sejuknya Permandian Solong di Kecamatan Tuqbi Taramanu Kab. Polewali Mandar Cetak
oleh Administrator   
Kamis, 05 September 2013 09:47 | Tampil : 1344 kali.

Mengunjungi desa Piriang Allo kec. Tuqbi Taramanu tidak akan pernah ada bosannya, ada permandian sejuk nan segar di desa ini, warga lokal biasa menyebutnya dengan nama “Solong”. Permandian alam ini sederhananya aliran sungai yang hanya dapat diakses dengan sebelumnya melakukan pendakian, dengan kemiringan lereng bukit yang cukup menguras energi. Seperti diketahui letak topografi kecamatan Tutar didominasi oleh desa yang banyak memiliki bukit dan pegunungan.

permandian solong kecamatan tutar

Sensasi Permandian Solong di Kecamatan Tutar (Tuqbi Taramanu) (Foto : Andi Sura Muhlis)

Permandian Solong menawarkan pada anda sensasi segarnya air yang berasal dari hulu sungai di desa Piriang Allo, belum lagi udara sejuk yang menyeruak di sekitar objek wisata ini. Solong memberikan anda ketenangan dan kedamaian wisata alam pegunungan khas kecamatan terjauh disisi utara kabupaten Polewali Mandar ini.

permandian solong piriang allo

Permandian Solong di desa Piriang Allo kecamatan Tutar (Foto : Andi Sura Muhlis)

Walaupun objek wisata alam di wilayah kecamatan Tutar ini tidak terkenal, namun bukan berarti pesonanya minim, justru kondisinya yang masih alami dan asri membuatnya menjadi objek yang patut dijadikan andalan sebagai objek wisata baru. Walaupun memang yang menjadi kendala saat ini secara umum adalah akses ke Kecamatan Tuqbi Taramanu yang cukup sulit dan berjarak sangat jauh dari ibukota Kabupaten Polewali Mandar.

Arus air di permandian Solong ini cukup deras dengan struktur bebatuan yang berjrak dekat dengan permukaan sungai, dengan bentuk geometri yang landai, sangat baik untuk memanjakan tubuh anda ditengah kepenatan aktivitas keseharian.

Aktivitas mandi dan menikmati segarnya air Solong adalah hal yang mungkin paling seru untuk dilakukan, anda dapat bermain di derasnya arus air dari hulu dengan kemiringan yang tidak terlalu ekstrim.

permandian solong tutar

Menikmati arus deras air di Permandian Solong Kecamatan Tutar (Foto : Andi Sura Muhlis)

Permukaan dasar batu sungai yang ada di desa Piriang Allo ini terbilang sangat baik, tidak licin dan cenderung aman sebagai pijakan ketika anda berjalan diatasnya, atau mungkin ketika anda ingin ke arah seberang melintasi arus sungainya. Kesejukan air yang masih alami dari pegunungan diatas desa membuatnya menjadi media yang paling baik bagi tubuh untuk kembali memulihkan kondisi yang mungkin terlalu lelah.

permandian solong tutar polman

Arus air Permandian Solong yang cukup deras (Foto : Andi Sura Muhlis)

permandian solong tuqbi taramanu

Permandian Solong tampak dari arah hulu (Foto : Andi Sura Muhlis)

Objek wisata permandian Solong Tutar ini cenderung belum dikenal secara umum, sama halnya dengan kondisi Kecamatan Tutar yang juga belum dikenali secara luas oleh masyarakat di Sulawesi Barat. Hal ini tidak terlepas dari kondisi topografi Tutar yang berjarak puluhan kilometer dari kota kabupaten Polewali.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017