Online 58 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Pantai Palippis Sempurna Untuk Wisata Keluarga

Pantai Palippis Sempurna Untuk Wisata Keluarga Cetak
oleh Administrator   
Rabu, 16 Oktober 2013 17:09 | Tampil : 1648 kali.

Pantai Palippis, pantai berpasir putih yang terletak di kabupaten Polewali Mandar, satu dari wisata pantai andalan kabupaten ini selain Pantai Mampie yang juga mulai dibenahi dan dilirik oleh para penikmat wisata. Pantai ini terletak di kecamatan Balanipa tepatnya di desa Bala berjarak sekitar kurang lebih 21 km dari kota kabupaten yaitu Polewali. Akses menuju tempat wisata ini cenderung mudah untuk dilalui, itu karena letak pantai yang tidak jauh dari jalur trans Suawesi Barat. Hanya butuh beberapa meter berjalan kaki dari jalur jalan utama serta menuruni tangga dan anda akan mendapati pantai ini.

bermain di pantai palippis

Pasir Putih Pantai Palippis Kabupaten Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Lokasi Pantai Palippis

Jika anda ingin berwisata ke pantai Palippis jika anda dari arah kecamatan Campalagian maka letak jalur masuk ke pantai adalah di sebelah kiri, setelah jalur masuk ke pantai Labuang. Namun jika anda dari arah kecamatan Balanipa maka letak pantai ini berada di sisi kanan anda. Lokasi pantai ini cukup lumrah bagi warga di sekitar pantai, desa yang kemudian terdekat dari lokasi pantai ini adalah desa Pambusuang, jika anda mendapati sebuah tanjakan dengan sisi kanan dipenuhi tanaman kelapa dan laut lepas dipuncaknya serta tebing batu di sisi kiri anda maka lokasi Pantai tidak jauh dari sini, hanya berjarak sekitar 500 meter dari tanjakan ini maka anda akan mendapati jalan masuk ke lokasi wisata pantai.

tangga menuju pantai palippis

Jalur tangga menuju kawasan Pantai Palippis (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Untuk memudahkan menandai lokasi pantai, maka jalan masuknya tepat berhadapan dengan pos polisi yang ada di Palippis, satu-satunya pos polisi yang dibangun di kawasan ini, semenjak beberapa tahun yang lalu sering terjadi kejadian kriminal (perampokan) pada kendaraan yang melalui jalur ini.

Penambahan Fasilitas Pantai Palippis

Saat ini, tepat didepan pos polisi Palippis (area parkiran kendaraan) sedang dibangun beberapa gazebo berukuran kecil dengan atap imitasi genteng dari seng yang berwarna merah, sepertinya pemerintah telah mulai menaruh perhatian untuk maksimalisasi objek wisata ini. Bukan hanya itu tepat di lokasi pantai juga telah dibangun beberapa gazebo untuk mendukung fasilitas  tempat beristirahat bagi pengunjung yang menikmati kegiatan di pesisir, misalnya yang mandi, atau sekedar bermain di tepi pantai.

gazebo pantai palippis polman

Gazebo yang dibangun tidak jauh dari tepi pantai (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Pantai Palippis sempurna untuk liburan dan wisata keluarga, pesona pasirnya yang putih dan cukup bersih bisa diandalkan untuk menemani hari libur anda, walaupun ada beberapa bagian pantai yang masih tidak bebas dari kotoran berupa sampah. Pantai Palippis saat awal mula diperkenalkan, sekitar tahun 90-an cukup ramai dikunjungi, namun hampir sama nasibnya seperti objek-objek wisata yang ada di wilayah Sulawesi Barat, disaat masih baru nyaris semua orang berkunjung, namun ketika telah berusia lama, maka bisa dipastikan ia akan kembali sepi, kurang lebih sama nasibnya dengan Pantai Dato VS Pantai Barane di Kabupaten Majene. Pantai Barane kini sangat ramai dikunjungi dan Pantai Dato seolah ditinggalkan begitu saja. Entah kemudian apa sebabnya, mungkin pengunjung mulai bosan dengan pantai yang itu-itu saja ataukah fasilitas wisata yang dibangun oleh pemerintah tidak dirawat dan mulai rusak sejalan dengan usia. Kekurangan fasilitas di sekitar objek wisata juga merupakan faktor yang kadang membuat tingkat kunjungan ke tempat wisata menjadi berkurang.

Pantai Palippis merupakan rangkaian karang dan pantai berpasir putih yang terbentuk di sepanjang bagian pesisir kabupaten Polewali Mandar, ini masih merupakan satu kesatuan dengan pesona wisata pantai Labuang, yang juga entah saat ini seperti apa nasibnya. Tahun 90-an Pantai Labuang juga pernah menjadi tempat wisata favorit di kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene, namun kabar terakhir tentang pantai ini sudah jarang terdengar. Pantai Palippis kabarnya mungkin lebih baik, ada perubahan kecil dengan penambahan fasilitas oleh pemerintah.

Sempurna Untuk Liburan Keluarga

Pantai Palippis adalah surga bagi para pencinta pantai pasir putih, jenis pasirnya yang cukup bersih dan halus menjadi teman yang paling baik untuk liburan keluarga anda. Pantai yang cukup dangkal di daerah tepinya cenderung aman menjadi tempat untuk sekedar mandi, atau bermain pasir. Ombaknya juga tidak terlalu besar, melainkan ringan dan cukup bersahabat.

ombak pantai palippis polman

Palippis, pantai dengan ombak yang cenderung ringan (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

pantai palippis polman

Objek wisata Pantai Palippis cukup aman untuk anak-anak (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

pantai palippis polewali

Anak- anak yang bermain di tepi Pantai Palippis (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Jika anda datang di waktu yang tepat, pagi atau sore disaat matahari tidak terlalu panas atau terik, maka anda dapat menikmati pantai ini lebih lama. Butiran pasir yang halus dengan deru ombak yang ringan bisa menemani aktivitas mandi anda bersama anak, ataupun keluarga terdekat anda. Bermain dengan kerang dan batuan hasil penghancuran pasir adalah hal yang juga seru untuk dimainkan dengan anak-anak. Anda juga bisa membat istana pasir, atau bahkan membuat tubuh anda menjadi terkubur oleh pasir. Hal yang tentu saja bisa anda lakukan dengan pasir putih di pantai ini.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017