Online 61 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Pantai Baurung Campalagian, Potensi Wisata Yang Teronggok Begitu Saja

Pantai Baurung Campalagian, Potensi Wisata Yang Teronggok Begitu Saja Cetak
oleh Administrator   
Rabu, 01 Januari 2014 07:06 | Tampil : 1578 kali.

Pantai Baurung adalah pantai yang terletak di kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat, merupakan pantai landai dengan tekstur pasir yang halus. Pantai yang cukup potensial untuk dijadikan potensi wisata, namun belum dimaksimalkan pemanfaatannya baik oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Di areal pesisir pantai ini anda dapat melihat puluhan hingga ratusan pohon kelapa yang menjulang tinggi, tanaman yang akrab dengan lingkungan dataran pantai.

Pantai Baurung cenderung tidak dikenal oleh orang-orang yang ada di Sulawesi Barat, bahkan di daerahnya sendiri (Kabupaten Polewali Mandar), kondisinya yang belum dikelola menjadi salah satu penyebabnya, selain itu lokasinya yang jauh menjorok ke dalam  ditambah dengan kondisi jalan yang belum cukup baik menjadikan pantai ini semakin tidak terkenal.

pantai baurung campalagian

Pantai Baurung Campalagian (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

nyiur pantai baurung polman

Ratusan Pohon kelapa di Pantai baurung Campalagian Kabupaten Polewali Mandar  (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Mengalami Abrasi

Kondisi terakhir pantai Baurung (31/12/2013) mengalami abrasi, garis pantainya semakin sedikit belum lagi pohon kelapa yang dahulu banyak ditemukan di sekitar pesisirnya mulai banyak berkurang, akibat ditebang. Jika melihat proses abrasi (proses pengikisan pantai oleh tenaga gelombang dan arus laut yang bersifat merusak) tampaknya akan tepat jika dilakukan penanaman mangrove di kawasan sekitar pantai ini, guna mencegah erosi pantai yang berlebihan, namun penanaman mangrove mungkin akan akan sedikit membatasi ruang gerak penikmat pantai ini.

pantai baurung

Pantai Baurung Campalagian Kabupaten Polewali Mandar dengan abrasi parah (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Potensial Untuk Wisata Keluarga

Dilihat dari pantainya yang landai dengan intensitas ombak yang tidak terlalu kuat maka pantai baurung potensial dijadikan objek wisata keluarga. Ombaknya cenderung aman untuk aktivitas renang bagi anak-anak dan remaja. Tekstur pasirnya cukup halus, hanya saja karena belum dikelola dengan baik maka kemudian ada banyak sampah yang bertebaran diatas permukaan pasirnya.

pantai baurung campalagian polman

Pantai baurung Campalagian Kabupaten Polewali Mandar tepat untuk wisata keluarga (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Potensial Untuk Kawasan Wisata

Di beberapa titik dalam kawasan pantai ditemukan daerah yang cukup landai, tepat untuk dijadikan tempat berisitirahat dan menghamparkan alas untuk wisata keluarga (menikmati bekal makanan dan minuman). Namun karena belum dikenal, pantai ini sepi, kurang lebih sama halnya dengan objek-objek wisata yang ada di Sulawesi Barat, hanya terkenal pada saat orang-orang ramai berkunjung, dan setelah itu objek-objek wisata tersebut akan sepi dari kunjungan, lebih mirip pada kondisi Pantai Palippis saat ini.

Pantai ini memiliki beberapa delta kecil yang menjadi pemisah antara bagian daratan dan pasir pantai, salah satu yang berbeda dari Pantai Baurung. Anda tidak akan menemukan pasir lalu air laut, namun terdapat semacam kumpulan air yang terperangkap. Ini dapat digunakan untuk area bermain yang aman bagi anak-anak.

pesisir pantai baurung campalagian

Delta kecil di pesisir Pantai Baurung Campalagian (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Beberapa tahun yang lalu terdapat tanggul penahan ombak yang dibangun oleh pemerintah di kawasan ini. Dan tampaknya memang arus dan gelombang laut yang ada di sekitar wilayah pantai ini cukup kuat, buktinya  beberapa tanggul telah hancur dan roboh diterjang gelombang laut secara terus menerus.

pantai baurung polewali mandar

Tanggul penahan ombak yang rubuh di Pantai Baurung Polewali Mandar (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

tanggul pantai baurung

Tanggul penahan ombak  di Pantai Baurung Polewali Mandar (Foto : Muhammad Putra Ardiansyah)

Ada begitu banyak pantai di kawasan Sulawesi Barat yang sejatinya indah dan potensial untuk dijadikan destinasi wisata, banyak diantaranya yang memiliki bentang alam unik dan khas serta tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya. Namun kembali lagi pada pengelolaan dan kerjasama yang baik dari elemen pemerintah dan masyarakat yang ada di sekitar objek wisata.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017