Online 59 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Eloknya Sawah Dan Air Terjun Mini Di Desa Barumbung Kecamatan Matakali Kab. Polewali Mandar

Eloknya Sawah Dan Air Terjun Mini Di Desa Barumbung Kecamatan Matakali Kab. Polewali Mandar Cetak
oleh Administrator   
Jumat, 10 Januari 2014 17:44 | Tampil : 1632 kali.

Kecamatan Matakali adalah salah satu dari beberapa kecamatan yang terdapat dalam wilayah administrasi kabupaten Polewali Mandar, salah satu daerah asri dan hijau yang berbatasan dengan kecamatan Wonomulyo dan kecamatan Polewali. Daerah ini merupakan pemekaran dari beberapa wilayah kecamatan sebelumnya seperti Wonomulyo dan kecamatan Polewali. Matakali memiliki salah satu wilayah bernama desa Barumbung, desa yang elok dengan hamparan sawah dan pegunungan yang menawan. Desa ini berjarak sekitar 3 km dari jalan poros kab. Majene – kab. Polewali Mandar, merupakan desa dengan wilayah terluas di  kecamatan Matakali. Barumbung tepatnya dapat anda akses jika dari arah Polewali Mandar menuju Majene maka anda akan menemukan jalur belokan ke arah kanan tepat sebelum rumah keluarga besar Masdar Pasmar (Mantan Ketua DPRD Kab. Polewali Mandar) Ayah dari mantan Bupati Polman Ali Baal Masdar dan Bupati Polman 2014-2019 Andi Ibrahim Masdar yang terletak di jalan poros Matakali. Jalur ini akan berujung pada simpang tiga dan jalur belokan ke kiri adalah rute menuju desa Barumbung, sementara belokan ke kanan mengarah ke daerah Seppong.

desa barumbung matakali

Tampak desa Barumbung kecamatan Matakali, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Desa Barumbung didominasi oleh persawahan yang luas dengan jalan desa berukuran cukup lebar. Penduduknya sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani, karena itu jika anda berkunjung ke tempat ini maka anda akan akrab dengan lingkungan sawah dan para petani. Barumbung juga dikenal memiliki daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi buah durian, spot seru untuk menikmati wisata buah musiman yang banyak digemari oleh orang-orang.

sawah desa barumbung matakali polewali mandar

Tampak sawah di desa Barumbung kecamatan Matakali, kabupaten Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Ada suatu masa dimana Barumbung menjadi berwarna "hijau" seutuhnya, saat petani mulai turun menebar benih padi dan beberapa waktu kemudian saat padi masih berumur muda maka secara serentak desa ini mulai "berwarna".

Sebagai desa agraris maka kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pertanian sering berjalan dan rutin terjadi di desa ini. Ada beberapa tempat pertemuan petani  di desa ini, salah satu fasilitasnya adalah Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S), salah satu rumah yang lebih mirip saung, namun dengan ukuran lebih besar yang sering digunakan oleh para petani untuk menerima pelatihan ataupun kegiatan penyuluhan dari pihak Departemen Pertanian. Saung di tengah sawah yang dibuat unik dan menarik, lebih meniru konsep lokasi wisata dibandingkan dengan fasilitas pertemuan.

tempat pertemuan petani desa barumbung matakali

Rumah pertemuan Fasilitas Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di desa Barumbung kecamatan Matakali, Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

pusat pelatihan petani desa barumbung

Rumah pertemuan Fasilitas Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di desa Barumbung kecamatan Matakali, Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

hijaunya desa barumbung
Rumah pertemuan Fasilitas Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) di desa Barumbung kecamatan Matakali, Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Beberapa kilometer dari pusat pelatihan ini jika anda melanjutkan perjalanan ke arah pegunungan di desa Barumbung anda akan menemukan air terjun mini, warga lokal menyebutnya Pemandian Salindu, tempat sempurna untuk sejenak menyegarkan badan dengan airnya yang segar. Walaupun mungkin tidak memenuhi kriteria dikatakan sebagai air terjun seutuhnya karena debit airnya yang tidak cukup besar, namun airnya yang dingin cukup untuk sedikit mengembalikan kesegaran tubuh. Air terjun mini ini mungkin lebih tepat dikatakan sebagai "telaga" karena ukurannya yang cukup kecil. Jika melanjutkan ke arah pegunungan lebih dalam lagi maka anda akan menemukan banyak kebun durian milik warga.


air terjun mini desa barumbung matakali polewali mandar

Air terjun mini desa Barumbung kecamatan Matakali, Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

Air terjun mini (telaga) ini mungkin sedikit dilirik atau tidak dikunjungi, namun ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata yang menarik di desa Barumbung, kecamatan Matakali Polewali Mandar. Arealnya yang tidak cukup luas juga menjadi salah satu kendala belum lagi debit airnya yang tidak cukup deras, berbeda dengan debit yang dimiliki dengan Air Terjun Indo Rannuang, ataupun Air Terjun Limbong Kamandang


air terjun desa barumbung

Air terjun mini desa Barumbung kecamatan Matakali, Polewali Mandar (Foto : Pusvawirna Natalia Muchtar)

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017