Online 59 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Foto : Air Terjun Limbong Kamandang, Si Cantik Dari Desa Kurra, Tapango, Polewali Mandar

Foto : Air Terjun Limbong Kamandang, Si Cantik Dari Desa Kurra, Tapango, Polewali Mandar Cetak
oleh Administrator   
Minggu, 12 Januari 2014 22:03 | Tampil : 2337 kali.

Air Terjun Limbong Kamandang adalah objek wisata alam yang terletak  di desa Kurra, kecamatan Tapango kabupaten Polewali Mandar. Limbong Kamandang berjarak sekitar 4 km dari pusat ibukota kecamatan Tapango. Untuk menuju ke objek wisata ini rute yang dapat dilalui dari kota kabupaten Polman adalah ke arah kecamatan Wonomulyo terlebih dahulu, setelah itu berbelok ke arah kanan (jalur ke kecamatan Tapango) titik beloknya adalah tepat di sebelah tugu ayam sebelum Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Wonomulyo. Dari sini perjalanan akan menempuh jalur melewati desa Riso, desa Kalimbua, hingga sampai ke desa Kurra.

Rute yang dilalui bukanlah rute yang mudah dan mulus dengan aspal yang halus, ada banyak jalan  dengan kemiringan yang cukup ekstrim, belum lagi jalan dengan lapisan beton dan lapisan aspal dengan batuan yang sudah mulai lepas. Saat musim hujan, jalan ini kadang ditumbuhi lumut, karena itu cukup licin untuk para pengendara kendaraaan beroda dua. Jika dilihat dari kondisi fisik jalan maka kendaraan beroda empat akan sulit melalui wilayah ini dan terbatas hanya pada beberapa wilayah desa saja di kecamatan Tapango.

Air terjun Limbong Kamandang dapat terlihat dengan sangat jelas dari atas jembatan dimana dibawahnya mengalir sungai dengan aliran dari air terjun, hingga dari sini kita dapat memandangi Limbong Kamandang dari kejauhan, dan nampak sangat indah.

air terjun limbong kamandang desa kurra

Air terjun Limbong Kamandang dari atas jembatan di desa Kurra (Foto : Ridwan Ridho)

Tepat dibawah jembatan mengalir sungai dengan batuan sungai berukuran cukup besar dan dari sini terlihat dasar air terjun dengan tingkatan yang terus menerus menurun hingga ke arah jembatan.

air terjun limbong kamandang kurra tapango

Air terjun Limbong Kamandang tampak dari atas jembatan di desa Kurra (Foto : Ridwan Ridho)

Untuk menikmati lebih dekat Limbong Kamandang maka anda dituntut berjalan sejenak dengan jarak yang cukup dekat dari jembatan, masuk ke kawasan air terjun untuk sampai ke dasar air terjun. Dasar air terjun cukup aman untuk dijadikan tempat berendam, dengan air yang jatuh tak pernah henti dan debitnya cukup deras. Ada yang khas dari Limbong Kamandang seolah-olah ia punya dua sumber aliran air utama dengan sebuah batang pohon yang berdiri nyaris tegak. Entah telah berapa lama batang pohon besar ini ada, tampaknya ia sudah berusia cukup tua, buktinya ia ditumbuhi lumut dan tumbuh-tumbuhan.

air terjun limbong kamandang tampak dari dekat

Tampak dari dekat Air terjun Limbong Kamandang (Foto : Ridwan Ridho)

Untuk soal debit dan volume air yang jatuh, maka limbong kamandang tak perlu diragukan lagi, anda dapat menikmati air yang cukup deras dengan suasana pegunungan Kurra yang cukup dingin. Di sekeliling air terjun ditumbuhi pepohonan yang hijau yang menyimpan air hingga menambah suasana dingin di kawasan ini.

aliran air terjun limbong kamandang

Curahan air Limbong Kamandang (Foto : Ridwan Ridho)

indahnya air terjun limbong kamandang

Curahan air Limbong Kamandang (Foto : Ridwan Ridho)

Jika butuh kesegaran, kealamian, dan suasana yang asri maka Limbong Kamandang bisa menjawab keinginan anda.  Ingin merasakan dingin dan segarnya air terjun Limbong Kamandang, maka pilihan untuk berendam dan mandi disini dapat menjadi pilihan utama ketika berwisata atau mengunjungi tempat ini. Hempasan air terutama di bagian dasar air terjun cukup deras, dan bagi mereka yang mencari keseruan mandi dengan sedikit teriakan-teriakan pelepas stress maka disini ada dapat melakukan semuanya.

mandi di air terjun limbong kamandang

Mandi di air terjun Limbong Kamandang (Foto : Ridwan Ridho)\

Wisata air terjun Limbong Kamandang saat ini masih cukup jarang dikunjungi, jaraknya yang cukup jauh, akses jalan yang menantang dengan pendakian curam dan terjal menjadi beberapa alasan mengapa objek wisata ini bisa dikatakan sepi pengunjung. Singkatnya kealamian air terjun ini masih terjaga dengan baik, karena ia didukung oleh kondisi alam disekitarnya dan objeknya yang jarang terjamah.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017