Online 57 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Ada yang Bening di "Tappina" Desa Mirring Kab.Polewali Mandar

Ada yang Bening di "Tappina" Desa Mirring Kab.Polewali Mandar Cetak
oleh Pusvawirna Natalia Muchtar   
Senin, 13 Januari 2014 19:02 | Tampil : 1643 kali.

Masih di Sulawesi Barat kampung halamanku tercinta yang menyimpan karunia alam tak kalah indahnya dengan Bali. Bukan bermaksud sombong atau melebih-lebihkan, tapi itulah kenyataan yang harus diyakini oleh kita bakal penentu masa depan propinsi ke-33 ini . Ada banyak sekali potensi yang kita miliki, hanya butuh perhatian berupa pengembangan atau setidaknya usaha untuk mempromosikan apa yang menjadi kelebihan kita. Jika itu menjadi komitmen pemerintah dibantu masyarakat, maka dijamin Sulawesi Barat akan dilirik wisatawan sama halnya Manado yang menyedot ribuan pengunjung dengan Bunakennya atau Lombok dengan Pantai Senggiginya.

Dari beberapa spot wisata bahari yang sarat potensi di wilayah Kabupaten Polewali Mandar yang pernah saya jejaki, Pantai Pasir Putih Tappina adalah salah satu tempat favorit saya. Letaknya yang tersembunyi dari perkampungan penduduk membuatnya tetap bening dan bersih dari limbah plastik. Hanya terlihat ranting, dahan pohon dan dedaunan kering yang gugur di atas pasirnya yang putih. Itulah sebabnya ia tetap terlihat alami, indah, seperti gadis mandar yang tetap cantik dan "Malaqbi" meski tanpa polesan gincu atau perona wajah.

pasir putih tappina tetap cantik tanpa polesan

Pasir Putih Tappina tetap cantik tanpa polesan (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

bebatuan di pantai tappina binuang

Bebatuan yang terhampar di sebagian bibir pantai membuatnya tampak semakin eksotik. Jika air surut mungkin bisa mencapai pulau kecil yang ada di seberang sana (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

Secara administrasi, Pantai ini terletak di Dusun Tappina Desa Mirring Kec. Binuang Kab. Polewali Mandar. Hanya Beberapa kilo meter dari jalan poros untuk menuju tempat ini. Jika berhitung secara kasar, mungkin sekitar 2 Km saja. Bagi anda yang berminat berkunjung kesana, disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena jalan yang akan dilalui masih jalan tanah dan sedikit menanjak. Dari 2 Km tersebut itupun tidak sepenuhnya dapat dilalui dengan kendaraan, butuh berjalan kaki kira-kira setengah perjalanan karena anda akan melalui pematang tambak/empang serta berjalan di bawah rimbun Mangrove / Bakau yang tumbuh di pesisir pantai sebelum mencapai lokasi Utama.

jalur menuju pantai tappina polman

Melalui jalan setapak dan pematang tambak milik warga (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

pantai tappina aman untuk keluarga

Tetap aman jika ingin mengajak jagoan kecil anda menikmati setiap sudut keindahannya (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

Waktu berkunjung ke pantai ini juga perlu anda perhatikan. Sebaiknya jangan kesana jika air laut sedang pasang. Mengapa? karena akan sulit untuk mencapai tempat tujuan dikarenakan akar mangrove/bakau yang tajam tidak akan tampak jika air laut naik sekitar 2 jengkal saja. hal ini tentu membahayakan bagi anda terutama jika tidak menggunakan alas kaki yang tepat untuk melakukan trek. Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak akan sampai ke lokasi jika airnya pasang. Bisa saja anda melalui jalan alternatif, tapi rutenya agak menanjak (tepatnya anda akan sedikit memanjat) karena anda akan mengambil jalan pintas dengan mendaki bukit dengan rimbun pohon cokelat dan mangga.

pohon mangrove di tappina

Pohon Mangrove/Bakau yang dilalui sebelum sampai ke tujuan (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

Meski sedikit melelahkan, dijamin anda tidak akan menyesal. Setelah sampai ke lokasi utama anda akan disambut indahnya Pasir putih dengan bebatuan dan gua mini menghiasi sebagian bibir pantainya. Air lautnya pun jernih dan berwarna kehijauan,"Subhanallah..." kata yang patut diucapkan sebagai pujian atas secuil surga yang dikaruniakan Tuhan di tanah kelahiran kita Sulawesi Barat. Hal lain yang menarik dari tempat ini, anda tidak perlu khawatir kepanasan terpanggang sinar matahari. Banyaknya pohon yang tumbuh rimbun di pesisir pantai membuatnya tetap sejuk meski matahari semakin tinggi.

goa mini pesisir tappina

Goa mini dengan sedikit hiasan akar pohon membuatnya terlihat antik tetapi tidak misitik (Foro: Pusvawirna Natalia Muchtar)

berenang di pantai tappina polman

Berenang di airnya yang jernih, sungguh suatu kenikmatan tersendiri (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

pesisir pantai tappina polman

Rimbun pohon membuat suasana tetap sejuk meski terik matahari (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

bermain pasir di tappina

Jika sedang tidak ingin berenang, bermain pasir sambil bersantai di bawah pohon juga asik (Foto: Pusvawirna Natalia Muchtar)

Pantai Tappina dengan pasir putihnya yang menggoda ini hanyalah satu dari sekian banyak potensi wisata yang ada di Sulawesi Barat. Masih banyak lagi objek lain yang masih belum tersentuh, dan tentunya menunggu waktu untuk dijamah oleh orang-orang yang mampu membuatnya dikenal dan dicintai, sehingga mampu memberikan sumbangsih dalam menghidupkan pariwisata Sulawesi Barat. So...bagi anda yang mengaku penggila wisata khususnya yang berdomisili di wilayah Sulawesi Barat, Pantai Pasir Putih Tappina ini wajib dimasukkan dalam agenda trip mengisi libur akhir pekan anda.


Penulis :

pusvawirna natalia muchtarPusvawirna Natalia Muchtar, saat ini tinggal di Mamuju, Sulawesi Barat. Penggemar travelling, seni, dan dunia desain grafis.

Kontak Saya :

Email : Alamat e-mail ini diproteksi dari spambot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

Twitter : https://twitter.com/pusvanadeshiko

Facebook : https://www.facebook.com/pusvawirnanatalia.muchtar


 

Comments 

 
#1 2015-02-12 09:24
Terima kasih atas atensinya mendokumentasi dan mempublikasi potesi wisata Polewali Mandar via media online
Quote
 
 
#2 2015-02-16 18:53
Quoting Disbudpar Polewali Mandar:
Terima kasih atas atensinya mendokumentasi dan mempublikasi potesi wisata Polewali Mandar via media online


terima kasih juga kami ucapkan atas kunjungan pihak DISBUDPAR Polewali Mandar di website kami yang sederhana ini, mari terus mendokumentasi dan mempromosikan pariwisata Sulbar
Quote
 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017