Online 52 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Menelusuri Gunung Pembarungan, Di Desa Tibakan Kec. Anreapi, Kab. Polewali Mandar

Menelusuri Gunung Pembarungan, Di Desa Tibakan Kec. Anreapi, Kab. Polewali Mandar Cetak
oleh Gunawan Apriatno   
Minggu, 14 Desember 2014 11:05 | Tampil : 1661 kali.

Selain di desa batetangnga kec.binuang suku pattae' juga tinggal di desa Tibakan kec. Anreapi kab. Polewali Mandar, aktifitas mereka sehari hari pun juga sama seperti masyarakat pada umumnya yang tinggal di pedesaan yaitu berkebun. Hal ini yang tertangkap mata saat kami menelusuri gunung pembarungan, salah satu titik tertinggi di desa Tibakan.

perjalanan menuju gunung pembarungan tibakan anreapi polman

Perjalanan menggunakan kendaraan bermotor menuju gunung Pembarungan desa Tibakan, kec. Anreapi (Foto : Gunawan Apriatno)

Menyusuri dataran tinggi desa Tibakan, kami melalui perkebunan penduduk yang asri, akses jalan dapat dilalui kendaraan bermotor roda dua karena sebagian jalan telah dibuat jalan setapak dengan bahan semen sehingga warga tidak sulit berkebun.

Saat kami menelusuri gunung pembarungan kendaraan kami hanya bisa sampai dipertengahan jalan saja karena ada pekerjaan pipa air yang bocor dan sedang dikerjakan oleh warga setempat, rasa kebersamaan dan bergotong royong masih kental di desa tibakan, ini tampak jelas terlihat saat penduduk sekitar ramai melakukan gotong royong memperbaiki pipa air yang bocor.

warga desa tibakan anreapi mengerjakan pipa bocor

Warga desa Tibakan yang sedang mengerjakan pipa air yang bocor (Foto : Gunawan Apriatno)

warga desa tibakan anreapi polewali mandar bergotong royong
Warga desa Tibakan bergotong royong mengerjakan pipa air yang bocor (Foto : Gunawan Apriatno)

Kami melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak Pembarungan, ditemani suara kicauan burung hingga puncak, dalam perjalanan kami menyempatkan singgah beristirahat di sumber air yang digunakan warga setempat untuk kebutuhan air sehari-hari ,mandi dan mencuci bagi mereka yang menghabiskan malam di kebun.

jalan setapak di bawah pohon kakao menuju gunung pembarungan
Jalan setapak kecil dibawah pohon kakao menuju gunung Pembarungan desa Tibakan, kec. Anreapi (Foto : Gunawan Apriatno)

jalur menuju gunung pembarungan desa tibakan anreapi polewali mandar

Melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju gunung Pembarungan desa Tibakan, kec. Anreapi (Foto : Gunawan Apriatno)

Saat mencapai puncak gunung pembarungan maka akses langsung hamparan luas kota Polewali Mandar hingga bentangan biru laut dapat kami lihat dengan jelas, ketika jiwa menyatu dengan alam disaat alam tak lagi untuk ditaklukan tapi untuk dinikmati dan menjadi teman yang setia.

kota polewali mandar dari puncak gunung pembarungan

Hamparan luas kota Polewali Mandar dan bentangan biru laut dari atas puncak gunung pembarungan desa tibakan kec.anreapi kab.polewali mandar (Foto : Gunawan Apriatno)

Gunung pembarungan berada dalam satu kecamatan dengan objek wisata air terjun Indo Rannuang, jalur menuju Pembarungan dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor, berbeda dengan jalur Indo Rannuang yang hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki, jarak tempuh menuju puncak sekitar 30 menit dari kaki gunung.


Penulis :

gunawan apriatnoGunawan Apriatno, lahir dan besar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, saat ini bermukim dia kecamatan Wonomulyo. Penggemar tokoh musik Iwan Fals, dan menyukai dunia budaya, travelling serta wisata.

 

Kontak Saya :

Facebook : https://www.facebook.com/yoko.shi.9

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017