Online 56 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Menyibak Senja Di Puncak Kanusuang Kec. Bulo, Kab. Polewali Mandar

Menyibak Senja Di Puncak Kanusuang Kec. Bulo, Kab. Polewali Mandar Cetak
oleh Gunawan Apriatno   
Jumat, 19 Desember 2014 20:03 | Tampil : 1273 kali.

Puncak Kanusuang bisa menjadi tempat pilihan untuk kalian yang hobi berburu senja di sore hari serta bagi pencinta alam yang ingin melakukan aktvitas berkemah (camping). Puncak bukit kecil ini berada di desa Kanusuang kec.Bulo, kab. Polewali Mandar. Walaupun lumayan jauh dari pusat kota kec. Wonomulyo, akses jalan cukup mudah dilalui untuk kendaran beroda dua dan beroda empat.

Saat mengunjungi puncak bukit ini seorang rekan di Kompa Dansa Mandar (Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar), Muhammad Abrar sempat mengabadikan beberapa potret siluet senja menarik di puncak bukit ini. Saat itu kami berada di puncak Kanusuang dengan cuaca sedang mendung dan waktu sore menjelang maghrib, dengan dipandu seorang warga, penduduk lokal asli Kanusuang. Bermodalkan kamera HP android 5 megapixel kami mendapatkan hasil gambar yang sangat bagus, bahkan tanpa sentuhan sedikitpun "editing" foto. Berikut adalah beberapa siluet senja menarik di puncak Kanusuang.

senja di puncak kanusuang bulo polewali mandar

Siluet senja cantik di puncak Kanusuang, Bulo, Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

puncak kanusuang bulo polman sulbar

Bias senja  di puncak Kanusuang, Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

senja di puncak kanusuang bulo polman sulbar

Berfoto dengan latar belakang senja cantik puncak Kanusuang, Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

berfoto latar senja di puncak kanusuang polewali mandar

Berfoto dengan latar belakang senja cantik puncak Kanusuang, Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

siluet senja di puncak kanusuang bulo polewali mandar

Berfoto dengan latar belakang senja cantik puncak Kanusuang, Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

Menurut penuturan Naim, pemandu kami, "Puncak Kanusuang merupakan area peperangan pada zaman dahulu dan menjadi daerah perburuan kijang bagi para tentara semasa kab, Polewali Mandar (saat itu masih Polmas - Polewali Mamasa) dijabat oleh S. Mengga, bahkan bupati sebelumnya juga menjadikan daerah ini sebagai spot berburu" . Naim menambahkan "menurut beberapa informasi dari orang tua daerah ini pernah menjadi medan tempur hingga pada saat melakukan reboisasi pertama pasca kebakran hutan tahun 1990 an pernah ditemukan beberapa helm tentara zaman dahulu dan peluru yg terselip di antara batu". Dari puncak kanusuang pula kita dapat melihat Bendungan Sekka-Sekka, bendungan yang mengairi ratusan hektar sawah yang ada di kab. Polewali Mandar, serta dari jauh juga tampak  Gunung Tauhanang.


Penulis :

gunawan apriatnoGunawan Apriatno, lahir dan besar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, saat ini bermukim di kecamatan Wonomulyo. Penggemar tokoh musik Iwan Fals, dan menyukai dunia budaya, travelling serta wisata.

 

Kontak Saya :

Facebook : https://www.facebook.com/yoko.shi.9

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017