Online 55 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Melipir Ke Air Terjun Kambellun, Batetangnga, Polewali Mandar

Melipir Ke Air Terjun Kambellun, Batetangnga, Polewali Mandar Cetak
oleh Muhammad Abrar   
Senin, 19 Januari 2015 18:40 | Tampil : 2268 kali.

Air Terjun Kambellun, berjarak sekitar 4 km dari wisata permandian Biru yang juga tak jauh dari wisata pemancingan Rawa Bangun, tepatnya di Dusun Eran Batu, Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Air terjun indah dengan suasana desa Batetangnga yang kental dengan budaya suku Pattae, suku yang menghuni daerah ini.

air terjun kambelun batetangnga binuang polewali mandar

Air Terjun Kambellun tampak dari bawah yang terletak di dusun Eran Batu, desa Batetangnga, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar (Foto : Muhammad Abrar)

Tempat ini hanya dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua, dengan waktu tempuh sekitar 75 Menit dari pusat kota Polewali. Akses menuju Air Terjun Kambellun cukup sulit apalagi setelah hujan, jalannya pasti akan sangat licin, pastikan roda kendaraan anda tidak dalam keadaan gundul.

Jarak Air Terjun Kambellun Kurang lebih 14 Km dari Kota Polewali. Petunjuk pertama, anda harus melalui jalan menuju wisata permandian Biru, setelah itu sekitar 3 Km dari wisata permandian BIRU anda akan melihat papan petunjuk di sisi kiri jalan "Air Terjun Kambellun" kurang lebih 1,2 Km, tak sampai di situ karena anda akan kembali menemukan papan petunjuk terakhir yang persis berada di depan halaman Sekolah Dasar, papan tersebut berwarna kuning dan bertuliskan "Selamat datang di Air Terjun Kambellun" , silahkan mengambil arah ke kanan persisnya lewat di depan masjid Nurul Iman yang berada di dusun Eran Batu, di sepanjang jalan yang anda lalui dari papan petunjuk terakhir jalannya sangat licin dan agak mendaki, begitupun area parkir di tempat ini, masih sangat kurang, jadi hati-hati saja jika anda memarkirkan kendaraan anda di sekitar jalan lokasi Air Terjun Kambellun karena akan banyak warga sekitar yang akan menggunakan jalan tersebut, maklum saja karna jalan ini adalah satu-satunya akses jalan menuju kampung sebelah.

papan penunjuk jalan menuju air terjun kambellun batetangnga polman

Papan penunjuk jalan menuju lokasi Air Terjun Kambellun desa Batetangnga, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar
(Foto : Muhammad Abrar)

air terjun kambellun dusun eran batu desa batetangnga binuang polewali mandar

Derasnya debit air yang jatuh di Air Terjun Kambellun (Foto : Muhammad Abrar)

air terjun kambellun binuang polewali mandar

Air Terjun Kambellun dusun Eran Batu, desa Batetangnga, kec. Binuang, kab. Polewali Mandar tampak dari atas
(Foto : Muhammad Abrar)

Yang unik dari Air terjun dengan ketinggian sekitar 7 meter ini adalah tepat di bawahnya terdapat jembatan gantung yang menghubungkan 2 dusun, tak hanya itu jika anda memanjat ke atas dan berjalan melawan arus sungai sekitar 50 meter anda akan menemukan genangan air yang menyerupai danau tapi "dalam skala kecil" kurang lebih berdiameter 6-7 meter.

air terjun kambellun batetangnga binuang polman sulbar

jembatan gantung yang menghubungkan 2 dusun di desa Batetangnga kec. Binuang (Foto : Muhammad Abrar)

Bagi anda para petualang yang sedang menelusuri pesona desa Batetangnga, anda dapat melihat kebiasaan unik anak-anak dusun Eran Batu yang menangkap ikan dengan menggunakan alat tradisional Pamulu (panah ikan tradisional) sungguh sangat menarik, jika anda pandai dalam mengambil hati anak-anak tersebut maka "selamat" anda berkesempatan langsung mencoba alat tradisional yang di gunakan oleh anak-anak dusun Eran Batu untuk mencari ikan, di jamin ini akan jadi perjalanan yang sangat seru dan menantang.

pamulu alat penangkap ikan di sungai batetangnga binuang polman sulbar

Air terjun Kambellun hanyalah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di kecamatan Binuang, kabupate Polewali Mandar. Binuang menyimpan banyak pesona dan potensi wisata alam dengan dominasi sungai dan air terjun yang menarik untuk dijelajahi.


Penulis :

muhammad abrarMuhamad Abrar , lahir dan dibesarkan di kecamatan Wonomulyo  kabupaten Polewali Mandar, saat ini tinggal di tempat yang sama. Memiliki hobi menggambar sketsa, mencintai dunia travelling dan wisata. 

Kontak Saya

facebook :  https://www.facebook.com/abrar.stillown

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017