Online 46 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Panorama Cantik Di Jalur Menuju Air Terjun Indo Rannuang

Panorama Cantik Di Jalur Menuju Air Terjun Indo Rannuang Cetak
oleh Gunawan Apriatno   
Rabu, 08 Februari 2017 09:02 | Tampil : 434 kali.

Pilihan destinasi wisata alam di Kab. Polewali Mandar salah satunya adalah Air terjun Indo Rannuang, berada di wilayah kecamatan Anreapi, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat dengan akses jalan yang cukup mudah. Dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan sepeda motor, mobil atau lainya, jika mungkin Anda hobi bersepeda, destinasi ini adalah pilihan yang tepat untuk hobi Anda.

titik utama air terjun indo rannuang

Titik utama air terjun Indo Rannuang yang terletak di desa Kunyi, kec. Anreapi, kab. Polewali Mandar (Foto : Gunawan Apriatno)

Kali ini saya berjalan kaki untuk menempuh air terjun Indo Raannuang, menemani dua orang wisatawan dari luar provinsi Sulawesi Barat, yang penasaran dan ingin merasakan keindahan Indo Rannuang. Dikarenakan kami menggunakan kendaraan mobil, maka untuk menuju lokasi air terjun Indo Rannuang, kami harus berjalan kaki selama 30 menit sebelumnya dari lokasi parkir mobil. Dari jalan desa track yang harus kami lalui lumayan curam dan mendaki tetapi semua kelelahan akan terbayarkan di puncak air terjun ini. Sama seperti filosofi jalan menuju air terjun pada umumnya, biasanya sulit untuk mencapainya namun akan indah pada akhirnya.

wisatawan luar sulbar mengunjungi indo rannuang

Wisatawan luar Sulbar yang mengunjungi air terjun Indo Rannuang  dan berfoto di puncak bukit berlatar kota Polewali (Foto : Gunawan Apriatno)

jalur menuju air terjun indo rannuang

Jalur mendaki menuju air terjun Indo Rannuang  (Foto : Gunawan Apriatno)

jalur menuju air terjun indo rannuang polewali mandar

Jalur diantara kebun warga lokal untuk meuju air terjun Indo Rannuang  (Foto : Gunawan Apriatno)

tampak atas air terjun indo rannuang

Pemandangan dari atas air terjun Indo Rannuang berlatar kota Polewali (Foto : Gunawan Apriatno)

tampak kota polewali dari air terjun indo rannuang

Pemandangan dari atas air terjun Indo Rannuang berlatar kota Polewali (Foto : Gunawan Apriatno)

Lokasi air terjun Indo Rannuang sangat mudah ditemui, namanya cukup familiar di telinga masyarakat Polman belum lagi dengan penunjuk jalan yang dipasang oleh Pemerintah kabupaten Polman dan juga penunjuk jalan telah dipasang oleh (FPDK) salah satu forum pemuda desa kec Anreapi.

label sampah di air terjun indo rannuang

Label anjuran untuk tidak membuang sampah yang dibuat oleh FPDK di air terjun Indo Rannuang (Foto : Gunawan Apriatno)

Saat dalam perjalanan menuju Indo Rannuang Anda akan merasakan udara segar pegunungan yang sejuk dan rimbunnya pohon kakao, pilihan spot untuk foto yang langsung berlatarkan hamparan kota Polewali, selanjutnya Anda dapat melihat aktivitas masyarakat setempat. Selain berkebun kakao masyarakat yang berada di sekitar lokasi air terjun juga memanfaatkan pohon enau atau aren dengan mengambil air nira untuk pembuatan gula merah.

rumah di air terjun indo rannuang

Rumah masyarakat lokal di sekitar air terjun Indo Rannuang (Foto : Gunawan Apriatno)

pohon nira di air terjun indo rannuang

Pohon nira yang disari airnya oleh masyarakat lokal di sekitar air terjun Indo Rannuang (Foto : Gunawan Apriatno)

Saat sampai di puncak air terjun Indorannuang Anda dapat beristirahat sejenak sebelum menikmati dinginnya air terjun, dan udara segarnya akan merefresh dan menyegarkan kembali pikiran dan tubuh Anda, memanjakan pikiran Anda dari aktivitas kerja selama seminggu. Lokasi puncak air terjun dengan ketinggian kurang lebih 589 mdpl ini telah memiliki beberapa tempat untuk istirahat dan tempat yang cukup landai dan luas untuk mendirikan tenda, lokasinya bersih dari rerumputan yang menjalar.

ketinggian di air terjun indo rannuang

Data ketinggian permukaan di air terjun Indo Rannuang (Foto : Gunawan Apriatno)


aktivitas masyarakat lokal air terjun indo rannuang

Aktivitas masyarakat lokal di sekitar air terjun Indo Rannuang (Foto : Gunawan Apriatno)

Satu pesan saya untuk para pengunjung yang akan menuju air terjun Indo Rannuang, untuk tetap menjaga kebersihan karena walaupun belum ada retribusi masuk yang dikeluarkan untuk objek wisata ini, dan secara umum tidak dikelola oleh pihak tertentu, sebaiknya marilah sadar untuk tetap menjaga kebersihannya. Beberapa fasilitas tempat sampah juga telah disediakan. Mari berwisata cerdas dan mejaga keamanan diri. Alam diciptakan untuk dinikmati bukan untuk ditaklukkan apalagi dirusak dengan sampah.


Penulis :

gunawan apriatnoGunawan Apriatno, lahir dan besar di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, saat ini bermukim di kecamatan Wonomulyo. Penggemar tokoh musik Iwan Fals, dan menyukai dunia budaya, travelling serta wisata.

 

Kontak Saya :

Facebook : https://www.facebook.com/yoko.shi.9

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017