Online 68 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Membuktikan Keindahan Pulau Karamasang, Binuang, Polewali Mandar

Membuktikan Keindahan Pulau Karamasang, Binuang, Polewali Mandar Cetak
oleh Askar Al Qadri   
Jumat, 14 April 2017 09:34 | Tampil : 725 kali.

Apa yang pertama kali muncul di benak Anda ketika menyebut atau mendengar Pulau Karamasang ? Apakah ada yang penasaran dan ingin Travelling ke pulau ini? Yah, sebuah pulau di Kecamatan Binuang di antara beberapa gugusan pulau yang ada di lautan kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pulau ini cukup ramai di datangi khususnya wisatawan lokal dan kini dianggap telah menjadi tempat wisata kekinian, terlihat jelas dengan menjamurnya tagar/hashtag #pulaukaramasang / #Karamasangisland baik di akun sosial media facebook atau di instagram.  Lalu, sebenarnya, apa yang membuat pulau Karamasang kini begitu eksis dan di idam-idamkan untuk di kunjungi?

pesisir pulau karamasang

Tampak Pulau Karamasang dari laut sesat sebelum merapat ke daratan pulau (Foto : Askar Al Qadri)

Salah satu alasan besar saya berkunjung ke tempat ini setelah membaca salah satu tulisan yang menyinggung tentang Pulau Karamasang disini http://kompadansamandar.blogspot.co.id/2017/03/pulau-karamasang-bibit-destinasi-wisata-baru-kab-polewali-mandar.html alasan kedua, karena memang rasa penasaran saya yang tinggi dengan pulau mirip buaya ini. Setelah sampai di Karamasang, maka sesuai dengan tulisan di papan yang tertera di lereng bukitnya, "Nikmatilah keindahan Karamasang Island", dan memang benar, saya sungguh menikmati keindahan yang disajikan panorama Karamasang.

plang pulau karamasang

Plang swadaya yang dibuat oleh komunitas pemuda setempat di Pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Askar Al Qadri)

Saya berusaha mencapai puncak tertingginya, setelah berada di atas maka seperti inilah penampakannya. Di bukit ini, terdapat tempat yang luas dan landai. Rasanya, sangat rekomen untuk camping dan mendirikan tenda. Dengan asumsi sekitar 5-6 tenda Dome kapasitas 3-4 orang. Jadi, kesimpulannya adalah jika ingin berkunjung ke pulau Karamasang, bawalah tenda dan menginaplah disana. Anda dapat menikmati Karamasang dan deretan pesisir wilayah kelurahan Amassangan, butan bakau dan pulau tetangga lainnya.

puncak bukit pulau karamasang

View Puncak bukit di pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Askar Al Qadri)

Jika tidak punya tenda atau tidak doyan memakai tenda, tenang, di atas bukit Pulau Karamasang juga terdapat beberapa pepohonan yang jaraknya berdekatan, ini rekomendasi untuk memasang Hammock (ayunan kain) seperti terlihat pada gambar. Namun tetap berhati-hati dan jangan sampai over kapasitas saat memasang hammock.

hammock di pulau karamasang

Hammocking di puncak Pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Askar Al Qadri)

Nah, jika menuruni bukit tadi, ini gambar di salah satu sisi bukit Pulau Karamasang. Bukit tersebut, memang di dominasi bebatuan. Cukup tajam dan sangat terjal. Sengaja saya dan teman-teman turun ke bawa sini karena terlihat dari atas bukit terlihat cantik juga, dan benar saja, bagian sisi bukit ini, tumbuh padang rumput ilalang yang sangat luas. Kira-kira, setinggi pinggang orang dewasa. Sangat keren jika ingin mengabadikan beberapa moment di bawah sini

bukit pulau karamasang

Menuruni sisi bukit terjal di Pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Askar Al Qadri)

Kembali ke bukit, di bukit Pulau Karamasang, jika ingin mengabadikan moment baik foto maupaun video, kabar baiknya semua view nya di ambil dari sudut manapun tetap terlihat keren dan elegan. Ada yang sudah tidak sabar mengganti photo profil nya di sosial media?

panorama pulau karamasang

Nyaris semua sisi pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat elok untuk didokumentasikan (Foto : Askar Al Qadri)

Kalau kembali mengecek tagar/hastag #pulaukaramasang #KaramasangIsland baik di akun media sosial facebook dan instagram, Anda akan menemukan banyak foto dengan background objek ini.

pulau karamasang polman

View wajib saat berkunjung ke Pulau Karamasang kec. Binuang, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Foto : Askar Al Qadri)

Bahkan, ini sudah menjadi hal wajib mengabadikan moment jika berkunjung ke Pulau Karamasang. Dengan berlatar perbukitan nan jauh di sana, juga di tambah laut dengan tumbuhnya rambatan pepohonan mangrove. Kalau tidak salah, kolam yang terbentuk di bawa sana itu empang / tambak dengan garis batas hutan bakau yang begitu indah dipandangi dan menyegarkan mata. Bagaimana, Anda tertarik berkunjung ke Pulau Karamasang?


Penulis :

askar al qadriAskar Al Qadri, aktif di komunitas Stand Up Comedy Polewali Mandar, mahasiswa Institut Agama Islam DDI Polewali Mandar, alumni Madrasah Aliyah Negeri Polman, hobi travelling, menyukai dunia kepetualangan, dan promosi wisata.

Kontak Saya :

 

 

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2017