Online 17 Pengunjung

Selamat datang di Portal Web Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar, biasa disingkat KPBWM atau Kompa Dansa Mandar atau KDM.         Bergabunglah bersama kami, Komunitas untuk mendapatkan berbagai informasi seputar budaya serta wisata yang ada di Tanah Mandar.

Home Wisata Polewali Mandar Air Terjun Batu Meappar, Pesona Lempeng Dinding Batu Di Pelosok Sumarrang, Campalagian

Air Terjun Batu Meappar, Pesona Lempeng Dinding Batu Di Pelosok Sumarrang, Campalagian Cetak
oleh Muhammad Tom Andari   
Minggu, 25 November 2018 19:53 | Tampil : 102 kali.

Kompa Dansa Mandar kab. Polewali Mandar kembali melakukan trip sehari melakoni penelusuran pada potensi-potensi wisata petualangan di kab. Polman, Sulawesi Barat, perjalanan kali ini ditemani tiga orang Pemuda pecinta wisata petualang Sulbar Ayub Kai dan Putra Ardiansyah (keduanya adalah pemuda Polman yang pernah menjadi utusan Sulawesi Barat di kegiatan Kementerian Pemudaan dan Olahraga Indonesia dan tergabung dalam Kapal Pemuda Nusantara sementara Norman adalah pemuda pecinta wisata petualangan jebolan Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri ternama di Makassar, Sulawesi Selatan.

Air Terjun Batu Meappar adalah air terjun yang terletak di Kampung Baru, dusun Batu Sasi, desa Sumarrang, Kec. Campalagian, Kab. Polman, Sulawesi Barat. Berjarak sekitar 6-7 km dari jalur provinsi di ruas utama desa Parappe kec. Campalagian. Akses menuju destinasi wisata ini dapat ditempuh dengan kendaraan beroda dua atau beroda empat karena akses jalan yang cukup baik, walau rabat beton jika dirata-ratakan jumlahnya masih kurang, namun jalur pengaspalan mulus yang sedang dikerjakan dari desa Lagi-Lagi menuju jantung utama desa Sumarrang cukup menyingkat waktu tempuh. Dari jalur utama ruas provinsi membutuhkan waktu tempuh sekitar 5-10  menit dengan kendaraan beroda dua, sampai ke pusat desa Sumarrang di dekat Poskesdes, jalur berbelok ke kiri dan mengikuti jalur jalan rabat beton bergantian dengan jalur jalan tanah dengan kerikil lepas.

Tak ada petunjuk jelas yang dapat menggambarkan pada Anda jika akan menuju tempat wisata yang lebih cocok digolongkan ke dalam "wisata minat Khusus" ini, semua petunjuk didapatkan oleh pemuda peserta trip hanya dengan bertanya pada warga, bentuk aplikasi ilmu perjalanan yang diterapkan untuk lebih membaur pada masyarakat. Dari beberapa titik persinggahan yang jumlahnya sekitar tiga hampir semua warga yang ditanyai megenai lokasi Air Terjun Batu Meappar nyaris tahu dimana lokasi titik air terjun ini, mereka dengan respek menjawab dan mengarahkan dengan roman muka khas penduduk Indonesia yang ramah dan sopan pada pendatang. Secara singkat Air Terjun Batu Meappar populer di desa Sumarrang.

Jika Anda sampai di wilayah dusun Batu Sasi dari jalur utama jantung desa Sumarrang setelah melalui masjid dusun maka berhentilah di sebuah bengkel milik warga dengan terpal biru dan halaman dengan peliharaan anjing. Di titik ini dapat menjadi lokasi Anda memarkirkan kendaraan, mereka juga dengan ramah dapat menjadi sumber lokasi untuk bertanya mengenai lokasi menuju titk air terjun. Dari rumah penduduk yang tak jauh dari masjid dusun ini Anda dapat memotong kebun kakao, dan beberapa kebun kelapa sawit yang masih muda untuk segera menuruni bukit dan tak jauh dari titik ini maka suara air yang jatuh akan terdengar dengan jelas, cukup ikuti dengan naluri pendengaran, maka Anda akan menemukan bagian puncak air terjun Batu Meappar. Jika ingin menikmati curahan airnya maka bergeraklah ke dataran bawah.

aliran air terjun batu meappar campalagian

Bagian permukaan atas air terjun Batu Meappar dusun Batu Sasi, desa Sumarrang, kec. Campalagian, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat yang berupa aliran sungai kecil yang disusun oleh struktur batu berukuran rendah dan berada diantara lembah dengan tebing tinggi (foto : Muhammad Tom Andari)

Potensi wisata petualangan Batu Meappar Desa Sumarrang singkatnya sangat tepat untuk Anda pecinta wisata alam bebas, menawarkan kealamian pedalaman Campalagian, teduh, dengan air dan udaranya yang segar.  Bentukan batu alami mulus  di bagian atas dan di sisi tebing terdapat susunan lempeng batu yang mirip bagian permukaan bumi bagian bawah, ini pesona dan keindahan yang jadi tawaran menarik Batu Meappar. Lokasi ini menurut penuturan warga yang bermukim di sekitar lokasi air terjun pernah menjadi tempat eks proyek pembangunan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang konon mengharuskan lampu bohlam penduduk kampung rusak karena tegangan listrik yang begitu besar, tanpa adanya tahanan yang memadai. Pun di beberapa bagian atas air terjun masih ditemukan jejak pipa dan sisi batu jejak pembangunan serupa bentukan bendungan yang telah hancur dengan kerikil diantara lapisan semen.

lempeng batu air terjun batu meappar sumarrang campalagian

Bagian tebing batu di air terjun Batu Meappar dusun Batu Sasi, desa Sumarrang, kec. Campalagian, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat  (foto : Muhammad Tom Andari)

Titik air terjun Batu Meappar adalah satu titik utama air terjun dengan ketinggian 6- 7 meter berujung pada sebuah dataran kolam yang tidak terlalu dalam hanya berjarak 1 meter. Untuk menikmati kegiatan mandi dan berendam di kolam mungkin tak jadi tawaran menarik, tetapi untuk mandi dengan menikmati guyuran air sungai yang terus mengalir maka Batu Meappar dapat menawarkan pesona yang sangat baik. Ada air curah yang selalu jatuh dan cukup membuat badan agak sakit oleh gravitasi air yang jatuh. Jika debit air tinggi dan masuk musim hujan maka jumlah air tentu lebih banyak dan menjadi tampilan yang menarik saat didokumentasi.

air terjun batu meappar sumarrang campalagian

Titik utama air terjun Batu Meappar dusun Batu Sasi, desa Sumarrang, kec. Campalagian, kab. Polewali Mandar, Sulawesi Barat (foto : Muhammad Tom Andari)

Air Terjun Batu Meappar Sumarrang Campalagian terletak di 3 dusun terakhir wilayah desa Sumarrang sebelum dusun Pumbuttu, menjadi lokasi warga sekitar untuk mandi dan mencuci di kawasannya yang lebih rendah, bagian atasnya menjadi lokasi permandian dengan air terjun yang ramai dikunjungi oleh pemuda dan anak-anak sekitar. Sedikit orang yang datang secara rutin menuju tempat ini. mungkin karena aksesnya yang bisa dibilang semi ekstrim oleh jalur jalannya yang masih berupa batu kerikil lepas tanpa perekat aspal dan jalan rabat beton yang jumlahnya hanya beberapa meter saja.

Potensi Batu Meappar tepat bagi para pecinta wisata petualangan, atau wisata minat khusus, tidak direkomendasikan untuk wisata keluarga. Ini karena jalur yang semi ekstrim, dan akses jalur menuju lokasi Air terjun yang masih harus melalui kebun-kebun warga menjadikannya bukan sebagai tujuan wisata publik yang direkomendasikan. Untuk para pemuda, remaja, dan pencinta outdoor, Air Terjun Batu Meappar, Sumarrang layak dijajal.

 

Silahkan beri komentar, kalau ada link yang mati atau isinya perlu dikoreksi, laporkan juga disini.

Jawab :



Komunitas Penggiat Budaya dan Wisata Mandar - Kompadansa Mandar
Desktop Version || Mobile Version || Feeds || Blog || Album Picasa || Saluran Youtube
Desain - Copyright © 2013-2018